Brilio.net - Jika kamu disuruh untuk memilih mengekspresikan diri, kamu pasti lebih suka menyanyi ketimbang menari. Meskipun dengan suara pas-pasan, kamu lebih percaya diri daripada melakukan sebuah gerakan tarian. Apakah karena malu atau memang kamu tidak bisa menyanyi?

Dikutip brilio.net dari Men’s Health, Senin (8/6), seseorang yang tidak bisa ngedance memang mempunyai gangguan tersendiri. Fenomena ini dinamakan dengan ‘beat deafness’. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak mampu menyelaraskan antara gerakan tubuh dan musik.

Sebuah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana efek beat deafness ini merespons alunan musik. Riset tersebut melibatkan 34 orang dengan dua di antaranya mengalami gangguan beat deafness. Kajian ini dilakukan oleh peneliti asal McGill University, Quebec.

Nina Kraus, sang peneliti menjelaskan bahwa orang dengan beat deafness gagal dalam menstimulasi bagian otak untuk menyesuaikan gerakan tarian dengan alunan musik. Selain itu, beat deafness juga mengakibatkan seseorang tidak sensitif dengan tempo dari alunan musik.

Loading...