Brilio.net - Bagi kamu yang sering bete karena bau badan cobalah lebih santai lagi. Memang bau asem dari ketek kamu bikin kamu tidak percaya diri. Boleh sih kamu menutupi bau badan dengan menggunakan deodoran. Tapi jangan terlalu kebanyakan ya, bisa bahaya bagi tubuh kamu.

Nah, sebenarnya kamu tahu nggak sih bau badan itu asalnya darimana?

Dan Bawdon, itulah sosok yang bisa menjawab asal muasal bau badan manusia yang apek. Dia merupakan peneliti dari Universitas York di Inggris. Dia memulai penelitian terkait dengan bau badan dengan mengambil bakteri yang ada di ketiak manusia dengan mencampurkan molukel yang ada pada keringat.

Bakteri dan molekul dari keringat tersebut membentuk thioalcohols. Aromanya seperti belerang, bawang atau daging dan sangat menyengat. Sebenarnya thioalcohols itulah yang menyebabkan bau badan. Karena zat ini menguap dari ketiak akibat bertemunya bakteri dan keringat. Jadi, jika badan kamu bau hal ini murni karena mikroba.

Sang peneliti berharap bahwa hasil studi ini bisa dijadikan landasan bagi pengembang produk deodoran. Produk yang sudah ada di pasaran dirancang untuk menyumbat keringat dan membunuh semua bakteri yang ada pada ketiak. Padahal, bakteri tersebut ada juga yang bersifat baik. Ditambah lagi, cara kerja deodoran yang seperti itu bisa mengakibatkan kulit iritasi. Hingga saat ini memang belum ditemukan formula pembuatan deodoran meskipun Dan Bawdon sudah bekerjasama dengan Unilever.

Loading...