×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini penjelasan kenapa warna kuning telur berwarna pucat & kuning cerah

View Image

0

BRILIO » Life

Ini penjelasan kenapa warna kuning telur berwarna pucat & kuning cerah

Warna kuning telur ternyata juga menandakan kualitas gizinya.

13 / 05 / 2015

Brilio.net - Siapa coba yang nggak suka sama telur? Udah murah, enak dan mudah diolah lagi. Tapi meski kamu sering mengonsumsi makanan sumber protein ini, pernah bertanya-tanya nggak sebenarnya telur mana yang harus dipilih terutama dari warna kuning telurnya, kuning muda atau kuning tua?

Seperti namanya, kuning telur ayam yang biasa kamu temui umumnya berwarna kuning cerah. Tapi jangan salah, warnanya juga bisa sangat pucat bahkan hampir putih. Banyak yang percaya bahwa bagian kuning telur ini dapat menunjukkan kandungan nutrisinya. Semakin pekat warna kuning telur, semakin tinggi kandungan nutrisinya. Tapi ada juga yang menilai bahwa warna cerah kuning telur karena ayam disuntik hormon. Nah, terus yang benar yang mana?

Dilansir brilio.net dari Kompas Health, Rabu (13/5), kebanyakan telur saat ini berasal dari ayam-ayam yang hidup di peternakan. Sangat jarang ada telur yang diambil dari ayam-ayam liar di alam bebas. Keadaan tersebut membuat warna kuning telur berubah. Telur berwarna kuning muda berasal dari ayam petelur yang hidup dalam kandang sempit sehingga mereka tak bisa bergerak. Ayam-ayam ini tak pernah melihat matahari dan makanannya hanya pakan saja.

Ayam kampung yang hidup di tempat luas dan memakan banyak sayuran akan menghasilkan telur berwarna kuning gelap cenderung jingga. Jenis telur ini mengandung nilai gizi yang lebih tinggi sehingga lebih menyehatkan.

Menurut pakar ternak asal Amerika Serikat Scott Beyer, faktor utama yang mempengaruhi warna kuning telur adalah pakan ayam betina. Bukan jenis ayam, kandungan hormon, maupun warna kulit telurnya, seperti dilansir dari NPR.

Loading...

Di International Livestock Research Institute, ahli genetika Han Jianlin menjelaskan bahwa warna kuning pada kuning telur berasal dari pigmen dalam tanaman yakni xanthophylls, terutama lutein. Warna kuningnya juga memengaruhi kulit dan lemak ayam.

Jadi, kuning telur yang berwarna pucat nggak perlu terlalu dicemaskan. Kuning telur yang berwarna pekatpun belum tentu kok lebih kaya nutrisi. Meski pakan ternak mempengaruhi nilai nutrisi unggas dan telurnya, warna kuning telur nggak mengindikasikan apapun. Biasanya telur ayam kampung asli akan selalu memiliki bagian kuning yang berwarna cenderung gelap atau mendekati warna jingga.

   




Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    56%

  • Ngakak!

    11%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more