Brilio.net - Kalau sakit, kamu mesti minum obat supaya cepat sembuh dan bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Cara terbaik meminumnya memakai air putih. Jangan pakai kopi, teh, jus, maupun susu meski rasanya lebih enak.

Pada dasarnya, obat oral adalah cara paling efektif untuk dikonsumsi karena lebih mudah terserap dalam tubuh. Obat yang diminum itu lalu akan diproses dalam saluran pencernaan untuk kemudian "dikirim" ke daerah yang sakit.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan tubuh kamu dalam menyerap obat, salah satunya keasaman relatif dalam perut, nutrisi, serta beberapa unsur lain seperti kalsium.

Lalu kenapa nggak boleh minum obat dengan susu? Dikutip brilio.net dari laman Everydayhealth.com, Senin (27/4), tidak boleh minum obat pakai susu karena pada beberapa obat terdapat kandungan tetrasiklik yang akan bereaksi dengan susu. Bukannya bermanfaat baik, kalsium justru akan mengikat antibiotik sehingga obat jadi tidak terserap tubuh.

Kopi, teh, atau jus juga mengandung senyawa lain seperti kafein pada kopi yang akan reaktif terhadap obat, sehingga lagi-lagi penyerapannya jadi terhambat bahkan tidak sama sekali. Makanya air putih sangat disarankan saat mengonsumsi obat karena tidak memiliki kandungan apapun dan dapat melarutkannya saat berada di lambung sehingga penyerapannya menjadi lebih baik.

Waktu konsumsi obat pun harus diperhatikan ya, sebelum atau sesudah makan. Jangan sampai salah waktu, karena makanan yang kamu konsumsi juga ternyata dapat mempengaruhi penyerapan obat tersebut.