Brilio.net - Beberapa waktu lalu Kim Kardhasian sempat membuat heboh Twitter karena mengunggah fotonya saat baru hamil 6 bulan. Di situ dia mengatakan bahwa berat badannya naik sampai 20 kilogram. Hal itu tentu membuat orang bertanya-tanya, apakah normalnya begitu atau tidak?

Dikutip dari health.com, Kamis (19/11), menurut Margaret Dow, asisten profesor kebidanan ginekologi dan Mayo Clinic mengatakan bahwa berat badan wanita saat hamil itu berbeda. Mereka sempat mengadakan survei pada ibu hamil di 46 negara dan mendapatkan hasil rata-rata berat badan wanita saat hamil.

Hasilnya adalah seorang wanita dengan berat badan ideal (BMI) harusnya naik sekitar 12 hingga 17 kilogram. Sedangkan untuk wanita kurus yang berat badannya di bawah ideal harusnya naik sekitar 14 hingga 20 kilogram saat hamil. Sebaliknya untuk wanita obesitas, kenaikan berat badan normalnya tidak lebih dari 12 kilogram.

Berat badan yang terlalu berat atau melebihi batas normal dapat berbahaya bagi ibu hamil. Karena dapat menyebabkan bayi berisiko diabetes gestasional dan preeklamsia (tekanan darah tinggi saat melahirkan).

Untuk mencapai berat badan yang normal, ibu hamil sebaiknya lebih memikirkan kualitas dan kandungan dari makanan yang dikonsumsinya. Ibu hamil butuh 250 hingga 300 kalori setiap harinya. Selain itu mereka juga harus rutin mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan tidak boleh makan makanan yang terlalu manis atau asin.

(brl/swh)