Brilio.net - Bagi sebagian orang, anjing merupakan hewan yang menakutkan. Apalagi gigitan anjing tidak hanya menimbulkan luka yang sakit, tetapi bisa meningkatkan risiko terkena rabies.

Makanya, jika di kompleks ada yang pelihara anjing, pasti kamu yang takut anjing sering panik. Tapi tenang saja, brilio.net akan memberikan bagaimana caranya menghadapi anjing dikutip dari artofmanliness.com, Kamis (2/4).

1. Tenang

Hal pertama yang kamu lakukan jika bertemu dengan anjing galak adalah tenang. Kamu harus bisa mengendalikan diri sendiri. Bagaimana pun caranya kamu harus tenang. Semakin kamu ketakutan, hal ini bisa memancing gerakan anjing yang semakin menyeramkan. Jadi tenang ya, anggap aja anjing adalah mantan kamu. Jadi harus stay calm.

2. Mundur perlahan

Loading...

Ini prinsipnya sama ketika kamu menghadapi gebatan yang sudah punya pacar. Kamu harus mundur secara perlahan-lahan. Palingkan wajah kamu dari tatapan anjing yang ada di depanmu.

3. Gunakan senjata yang ada

Jika kamu melihat anjing akan menggingit kamu, ambilah batang kayu atau jaket yang kamu kenakan sebagai pelindung. Biarkan benda-benda tersebut mengalihkan perhatian anjing. Jika sudah teralihkan, kamu bisa melarikan diri.

4. Pukul bagian mata atau leher

Jika anjing masih menyerang juga, kamu harus siap-siap untuk menyerang balik. Pukullah bagian mata atau leher anjing. Fokuskan tongkat kamu mengarah ke dua area tersebut. Jika kamu tidak berhasil, lanjutkan ke poin berikutnya.

5. Hindarkan perut dari mulut anjing

Jika memang gigitan anjing tidak bisa dihindari lakukanlah hal sebagai berikut ini. Jauhkan perut dan muka kamu dari serangan anjing. Biarkan tangan kamu yang digigit.

6. Berobat ke dokter

Cara ini harus ditempuh jika kamu sudah digigit anjing. Kamu harus memperhatikan saran dari dokter. Selain itu kamu juga harus berkonsultasi secara rutin apakah kamu terkena rabies atau tidak.