Brilio.net - Berbicara tentang Lebaran tentu tak lepas dari yang namanya makanan. Apalagi dengan jajanan yang selalu tersaji di ruang tamu, pasti akan selalu ada di setiap rumah. Berbagai jajanan ini juga yang terkadang menjadi daya tarik bagi anak-anak kecil saat berkeliling untuk saling bermaaf-maafan.

Nah jajanan apa sih yang selalu ada pada lebaran? Berikut brilio.net kumpulkan jajanan yang ngehits saat Lebaran.

1. Wafer dan kue dalam kaleng
Berbagai kue kering dan wafer dalam kaleng, biasanya selalu menemani lebaran kita. Rasanya seperti kurang afdol jika tidak ada wafer. Apalagi anak-anak kecil selalu menyukai makanan renyah dan manis ini.

2. Rengginang
Kerupuk dari ketan yang punya rasa gurih-gurih asin ini juga tak akan pernah terlewatkan di lebaran. Mengobrol bersama sanak keluarga rasanya semakin lengkap jika ditambah suasana kriuk-kriuk dari rengginang.

3. Madumongso
Jajanan tradisional ini juga tak pernah absen dari Lebaran. Bahkan terkadang orang tua di desa akan membuat makanan ini sendiri. Madumongso sendiri merupakan ketan hitam yang telah difermentasi. Rasanya enak perpaduan manis dan asam.

4. Kue putri salju
Kue berwarna kuning dengan taburan gula putih ini juga selalu diserbu saat Lebaran. Rasanya yang manis ditambah gula putih membuatnya betah berlama-lama di lidah. Disebut putri salju karena hamparan gula di atasnya yang putih menyerupai salju.

5. Kue kastengel
Kastengel berasal dari Belanda yang memiliki arti keju batangan. Di Indonesia sendiri kue kastengel juga kaya akan keju. Kastengel selalu menjadi andalan di setiap Lebaran. Rasa gurih dari kejunya membuatnya selalu laris dan diserbu orang.

6. Kue nastar
Nastar sendiri memiliki arti madu, namun mengapa kemudian menjadi nama kue? Ya karena rasanya yang saat digigit terlihat selai manis yang menyerupai madu maka dinamakanlah nastar. Kue ini selalu ada di setiap meja ruang tamu keluarga. Rasanya yang gurih kemudian dipadu manis dalam setiap gigitan membuat kangen semua orang.

7. Kacang mete
Kacang ini tergolong cukup mahal. Namun menjelang Lebaran kacang ini mendadak laris manis diserbu ibu-ibu sebagai sajian Lebaran. Rasanya yang asin dan gurih membuat orang tak bisa berhenti mengunyahnya. Enak dan menyehatkan.

BACA JUGA:

Abu Nawas hampir digantung gara-gara mau terbang

Abu Nawas dan telur unta untuk obat Raja

Kecerdikan Abu Nawas selesaikan persoalan pembagian kambing

Kisah Abu Nawas yang dikalahkan oleh untanya

Kisah Abu Nawas yang ingin memindahkan masjid