Brilio.net - Kuku yang sehat adalah kuku yang halus, tanpa lubang atau alur. Selain itu, warnanya seragam satu sama lain, yaitu agak merah muda, dan tidak mengalami perubahan warna.

Sedangkan kuku yang tidak sehat adalah kuku yang mudah patah dan tidak tumbuh dengan mudah. Bisa juga warnanya berubah menguning.

Kuku yang tidak sehat bisa jadi karena paparan bahan kimia terlalu lama, seperti deterjen dan cat kuku. Tapi tenang, guys.

Seperti dilansir brilio.net dari laman top10homeremedies.com, Selasa (5/5), berikut cara alami mengatasi kuku yang tidak sehat menjadi lebih kuat.

1. Minyak zaitun

Loading...

Minyak zaitun sangat baik untuk kuku yang lemah sebab bisa melembabkan kuku. Selain itu, dia bisa memperbaiki kerusakan dan melembutkan kuku dan kutikula, sehingga kuku kembali sehat dan kuat. Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

a. Pijat kukumu secara menyeluruh dengan beberapa minyak zaitun hangat, yang meliputi bagian atas dan bawah kukumu. Tunggulah selama 15 menit, lalu cucilah dengan air. Kamu bisa melakukannya sebanyak 2-3 kali sehari.

b. Campur 3 sendok teh minyak zaitun hangat dengan 1 (satu) sendok teh jus lemon. Kemudian oleskan ke kuku menggunakan kapas. Biarkan hingga mengering, lalu pakailah sarung tangan katun. Kamu bisa melakukanya setiap hari sebelum tidur, dan saat pagi hari barulah bilas dengan air hangat.

2. Teh hijau

Antioksidan teh hijau membantu mencegah kuku rapuh. Selain itu, teh hijau bisa menyingkirkan warna kuning pada kuku. Caranya bisa kamu pilih salah satu dari cara berikut:

a. Seduhlah secangkir teh hijau dan biarkan dingin. Rendam kukumu di dalamnya selama 10-15 menit. Lakukan sebanyak 2 (dua) kali seminggu.

b. Campur 2 (dua) sendok teh hijau, garam, dan beberapa tetes minyak gandum. Rendamlah kukumu di campuran tersebut selama 5 (lima) menit, kemudian bersihkan dengan lap kering. Kamu bisa melakukannya sebanyak 2 (dua) kali seminggu.

c. Campur beberapa tetes minyak esensial teh hijau dengan minyak kepala atau gel lidah buaya, kemudian pijat kuku dengan campuran ini. Kamu bisa melakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

3. Memijat kuku

Cara yang mudah dan efektif adalah memijatnya. Pijat akan meningkatkan sirkulasi darah, membuat kukumu semakin sehat dan kuat. Saat memijat, kamu bisa menggunakan lotion pelembab, krim kuku, minyak almond atau minyak kelapa.

Nah, selama proses memijat, lakukan dengan lembut dan secara menyeluruh selama 5-10 menit. Pakai sarung tangan katun untuk membungkus tanganmu, lalu pergilah tidur. Esok pagi, kamu bisa mencuci kuku dengan air hangat. Kamu bisa melakukan teknik ini setiap hari selama beberapa minggu.

4. Sari cuka apel

Sari cuka apel memiliki berbagai nutrisi, seperti magnesium, kalium, kalsium dan zat besi yang dapat meningkatkan kesehatan kuku. Selain itu, sifa asam dapat mencegah dan mengobati jamur kuku.

a. Caranya adalah campur sari cuka apel secukupnya dengan air di dalam mangkuk kecil. Rendam kukumu selama 5-10 menit. Kamu bisa melakukan ini setiap hari selama beberapa minggu.

b. Campur 1 (satu) sendok teh sari cuka apel mentah ke dalam segelas air lalu minum sebanyak 3 (tiga) kali sehari.

5. Memperbanyak makanan berprotein

Karena kuku terbuat dari keratin (sejenis protein), maka kamu juga perlu asupan protein. Kekurangan protein dapat menyebabkan bintik putih pada kukumu dan membuat mereka rapuh.

Contoh makanan berprotein antara lain ayam, telur, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan, makanan laut, kedelai dan tahu. Nah, kalau kamu memilih suplemen protein, lebih baik konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Nah, guys, selama mencoba!