Brilio.net - Banyak orang yang suka kopi. Bahkan minum kopi dijadikan gaya hidup. Bagaimana dengan kamu sendiri, guys? Namun di sisi lain, meminum kopi ternyata bisa menimbulkan masalah tersendiri, lho. Bau mulut.

Dilansir brilio.net dari laman livescience.com dan health.howstuffworks.com, Kamis (23/4), kafein dalam kopi dapat mengeringkan mulut dengan memperlambat produksi air liur. Akibatnya, bau mulut terjadi. Mengapa demikian?

Perlu diketahui, air liur berfungsi membantu membunuh bakteri yang ada dalam mulut. Selain itu juga mencerna partikel makanan yang terjebak di sela-sela gigi atau area mulut yang lain.

Nah, kalau tidak cukup air liur, bakteri dalam mulut akan merajalela. Bakteri-bakteri itu akan mengambil alih fungsi air liur untuk memecah partikel-partikel sisa makan sehingga membuat aroma busuk dalam mulut.

Sebetulnya, penyebab bau mulut bukan murni kopi itu sendiri. Melainkan bahan-bahan yang kamu tambahkan, misalnya krim, susu, dan gula. Bahan-bahan tersebut bisa memicu bakteri dalam mulut berkembang biak subur.

Loading...

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah minumlah kopi encer tanpa krim atau gula. Ide lain adalah berganti minum teh saja. Teh memiliki tingkat keasaman lebih rendah daripada kopi sehingga tidak akan terlalu menyebabkan bau mulut.

Cara lainnya adalah segera minum air putih untuk menghilangkan bau mulut. Kalau tidak begitu, cara ampuh selanjutnya adalah sikat gigi.

Well, kamu tidak perlu khawatir hobimu mengopi terhambat karena ancaman bau mulut. Gaul pun tetap oke, dong.