Brilio.net - Mungkin mengupas bawang merah bisa jadi hal yang pengin banget kamu skip dalam kegiatan memasak kamu. Bagi beberapa orang, hal ini bisa menyebabkan trauma dan peningkatan grafik kegalauan yang menyebabkan kamu nggak pengin lagi memasak. Oke, bagian terakhir ini diskip aja. Terlalu drama!

Tapi buat kamu yang hobi masak, nggak perlu khawatir lagi kalau harus mengupas dan mengiris bawang merah lho. Kamu cuman perlu mengunyah permen karet untuk mengatasinya. Kok bisa?

Ini cara ampuh biar nggak nangis saat mengupas bawang

Bawang mengandung bahan kimia yang tidak stabil. Bahan kimia ini sendiri dikenal dengan sebutan syn-propanethial-S-oksida. Ketika bawang dipotong, bahan kimia ini dilepaskan ke udara. Inilah yang akibatnya membuat kelenjar air mata iritasi dan akhirnya keluarlah air mata.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kenapa mengunyah permen karet bisa membantu? Ini karena dengan mengunyah permen karet, akan memaksa kamu untuk bernapas melalui mulut kamu. Akhirnya jumlah iritasi yang disebabkan oleh bawang lebih kecil saat mencapai kelenjar air mata yang akhirnya akan mengurangi produksi air mata saat kamu mengupas dan mengiris bawang.

Sudah siap masak lagi kan, girls?

(brl/pep)