1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Life
Agustin Wahyuningsih 02 Juli 2015 18:28

Ini alasan nikotin bikin kamu nagih lagi dan lagi

National Health Service (NHS) Inggris menyatakan bahwa semakin banyak orang merokok, semakin otak 'berinteraksi' dengan nikotin

Brilio.net - Kalau kamu perokok, pasti sadar betul bahwa nikotin di dalamnya adalah zat adiktif. Nikotin mengubah keseimbangan zat kimia di dalam otak, yaitu dopamin dan noradrenalin.

Dopamin merupakan neurotransmiter yang berkaitan dengan emosi. Kekurangan dopamin akan menyebabkan stres, gangguan tidur, nafsu makan menurun, serta gangguan seksual, mood, dan susunan saraf pusat.

Kalau noradrenalin atau norepinefrin merupakan hormon sekaligus neutrotransmiter. Sebagai hormon, dia  disekresikan oleh kelenjar adrenal dan bekerja bersama dengan epinefrin (adrenalin) untuk memberikan energi tubuh pada saat stres, yang dikenal sebagai respon 'melawan atau lari'. Sedangkan sebagai neurotransmiter, dia penting bagi peningkatan denyut jantung.

National Health Service (NHS) Inggris menyatakan bahwa semakin banyak orang merokok, semakin otak 'berinteraksi' dengan nikotin. Itu artinya, semakin orang ingin mengulangi merokok lagi dan lagi, untuk mendapatkan efek yang sama.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa nikotin lebih adiktif bila dibandingkan kokain atau heroin. Ketika peneliti mereview 28 studi yang melibatkan orang yang mencoba untuk berhenti kecanduan tanpa bantuan obat, mereka menemukan ada sekitar 18% yang berhasil berhenti minum, 40% mampu berhenti opiat atau kokain, tapi hanya 8% yang mampu berhenti merokok. Waduh!

Lebih mengkhawatirkan lagi adalah selama satu dekade terakhir, rokok menjadi lebih adiktif. Sebuah studi di Massachusetts Department of Public Health dan the University of Massachusetts Medical School sebagaimana dikutip brilio.net, Kamis (2/7) menemukan bahwa perubahan desain rokok antara tahun 1998 sampai 2012 telah mengakibatkan lebih banyak nikotin masuk ke sistem perokok ketika mereka menghirup.

Menurut penelitian, rokok adalah cara terampuh untuk orang memperoleh 'asupan' nikotin. Karena mereka tidak tahu kadar nikotin yang mereka terima dari merokok, maka mereka menjadi ingin lagi dan lagi tanpa tahu alasan yang jelas.

Jadi, merokok itu sendiri merupakan indikator orang telah kecanduan nikotin.

BRILIO VIDEO

Cara Ampuh Agar Tak Tertular Saat Musim Flu Dan Batuk
Sebelum kena flu atau batuk, baiknya intip cara agar tak mudah tertular penyakit yang sering menyerang di musim hujan tersebut ya guys.

(brl/swh)

YOU MAY ALSO LIKE

Insiden Brutal, Lindas Mobil Lawan
Seorang pembalap nekat melindas mobil lawannya. Ingin tahu kenapa? Tonton kelanjutannya hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Ini alasan nikotin bikin kamu nagih lagi dan lagi.
National Health Service (NHS) Inggris menyatakan bahwa semakin banyak orang merokok, semakin otak 'berinteraksi' dengan nikotin
https://www.brilio.net/life/ini-alasan-nikotin-bikin-kamu-nagih-lagi-dan-lagi-150702h.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?