Brilio.net - Tanggal 1 April mungkin jadi hari yang paling menyenangkan buat kamu dan semua orang yang ada di seluruh dunia. Ini karena kamu bisa mengerjai teman-temanmu sepuasnya dan mesti dimaafkan. Because it's April Mop!

Tapi pernah nggak kamu berpikir, kok bisa ya ada April Mop? Ternyata April Mop punya versi sejarah yang berbeda-beda, lho. Mau tahu? Ini beberapa versi April Mop seperti yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (1/4):

1. Versi Prancis
Tradisi April Mop di Prancis sudah dilakukan sejak tahun 1582 saat masa pemerintahan Raja Charles IX. Nah, waktu itu penanggalan kalender di Prancis hanya sepuluh bulan dalam satu tahun. Paus Gregory XIII merombaknya jadi 12 bulan seperti jumlah bulan yang kita kenal sekarang.

Dulu, tahun baru diadakan dari tanggal 25 Maret sampai tanggal 1 April. Tapi karena perombakan ini akhirnya dimajukan deh, ke tanggal 1 Januari.

Nah, ternyata banyak yang menentang keputusan ini. Bahkan mereka tetap merayakan tahun baru di tanggal 1 April, lho. Makanya mereka yang menentang pada akhirnya justru menjadi bahan tertawaan dan cemoohan. Ibarat anjing menggonggong kafilah berlalu, mereka tetap saja menjadikan tanggal 1 April sebagai tradisi tahunan. Dan di tahun 1782, tradisi ini ditiru oleh orang Inggris lalu tersebar ke seluruh dunia.

2. Versi Spanyol
Kalau di Spanyol, April Mop dirayakan setiap tanggal 28 Desember. April Mop di Spanyol disebut Dia de los Santos Inocentes, yang berarti hari anak tak bersalah. Tapi kebiasaan ini justru jadi bahan tertawaan. Makanya, akhirnya pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang yang memundurkan tanggal 28 desember lebih lambat sehari.

Tapi menurut Joseph Boskin, profesor dari Boston Unversity, ide April Mop sebenarnya dicetuskan pertama kali oleh para pelawak kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin 1 di abad ketiga sampai keempat. Nah, si pelawak-pelawak ini membuat petisi supaya Jeter, salah satu dari pelawak itu menjadi raja dalam sehari. Setelah naik tahta, Raja Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan.

3. Versi perang salib
Kalau mnurut versi ini, April mop dilambangkan sebagai hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib. Pembunuhan ini kabarnya dilakukan dengan cara-cara yang licik alis penipuan.

Di masa itu, tentara salib berhasil menipu umat muslim Spanyol yang kalah perang dengan membebaskan mereka dan dibawa keluar menggunakan kapal. Tapi karena itu cuma kebohongan, setelah umat muslim masuk ke dalam kapal, mereka justru dibunuh oleh para tentara salib. Nah, hal itu terjadi pada tanggal 1 April. Karena hal itulah, dilegalkannya April Mop.

Siapapun boleh berbohong yang tujuannya hanya untuk iseng. Tapi bohongnya jangan keterlaluan ya!