Brilio.net - Selain seragam putih, dokter juga identik dengan muka tegasnya. Banyak keluarga pasien yang mengartikan ekspresi tersebut sebagai manusia tidak punya hati. Dokter sering dituduh tidak memahami bagaimana arti keselamatan seseorang bagi keluarga.

Di balik semua itu, dokter ternyata juga mempunyai kegelisahan tersendiri. Apalagi saat mereka melakukan operasi.

Berikut adalah rahasia dokter saat melakukan operasi yang banyak orang tidak tahu, seperti dikutip brilio.net dari thedailybeast.com, Rabu (25/3):

1. Dokter tidak mengkategorikan dirinya sebagai Tuhan

Kesalahpahaman ini terjadi karena film-film yang sering kita tonton. Banyak adegan yang menayangkan betapa garangnya seorang dokter bedah dengan peralatan yang begitu banyaknya. Bahkan, ada yang mengatakan di tangan dokterlah, seorang nyawa manusia ditentukan. Kenyataannya, di ruang operasi, mereka sangat rendah hati dan kalem. Tetapi mereka juga bertanggung jawab penuh dengan pasien.

Loading...

2. Tubuh manusia tidak seperti rak buku yang tertata rapi

Kenyataannya anatomi manusia tidak persis seperti yang diajarkan di buku sekolah atau kuliah. Arteri ternyata tidak berwarna merah. Pembuluh darah yang tidak berwarna biru atau saraf sebenannya tidak berwarna kuning. Lebih ngerinya lagi, banyak organ manusia yang tidak selalu berada di tempat yang seharusnya. Jadi kamu bisa bayangkan rumitnya seperti apa ketika dokter melakukan operasi terhadap pasien.

3. Dokter juga sering merasa was-was

Kamu bisa saja tidak menyadari kalau dokter bisa merasakan hal ini. Mungkin karena wajahnya tertutupi oleh masker dan badannya dibungkus dengan seragam hijau. Sebenarnya, banyak hal tidak terduga yang membuat dokter was-was saat mengambil keputusan di ruang operasi. Apakah harus memotong bagian organ tertentu atau membuang bagian yang lain? Itulah yang sering dihadapi oleh dokter di ruang operasi.

4. Sangat takut jika salah mengambil organ atau memasukkan sesuatu ke dalam tubuh pasien

Dokumen untuk proses operasi memang sangat rumit. Hal ini memang demikian karena untuk mencegah hal-hal di luar dugaan. Itulah kenapa persetujuan operasi harus ditandatangani oleh pihak keluarga pasien sebelum dokter melakukan pembedahan. Dokter juga sangat ketakutan ketika salah mengambil organ. Atau memasukkan cairan atau hal lainnya ke dalam tubuh pasien.

5. Orang dengan obesitas sangat susah untuk ditangani

Dari semua jenis pasien, sebagian dokter mengatakan bahwa pasien dengan obesitas merupakan pasien yang susah ditangani. Alasannya adalah pasien jenis ini sering mengalami berbagai komplikasi. Mulai dari, diabetes, stroke, penyakit jantung, kolesterol tinggi, hipertensi, dan lain-lainnya.

6. Ruang operasi bukan panggung yang mengerikan

Tidak seperti adegan di sebuah sinetron dengan dialog yang kaku. Ruang operasi merupakan seperti ruang biasa lainnya. Sebagai pasien, memang tidak tahu apa saja yang dilakukan oleh dokter bedah. Ternyata, para dokter bisa melakukan operasi sambil mendengarkan aneka jenis musik. Jika kamu menganggap ruang operasi adalah mengerikan, kamu selama ini terlalu banyak nonton sinetron.

7. Pasien telanjang adalah hal biasa

Dokter sudah terbiasa dengan banyak pasien. Jika mereka melihat pasien telanjang di ruang operasi, mereka tidak merasakan 'getaran' apapun. Bahkan mereka tidak peduli dengan hal tersebut.

8. Perban adalah aspek penting

Bagi dokter, perban bukan hanya aksesoris untuk luka. Perban memang dipasang untuk alasan keamanan pasien. Bahkan, seorang dokter harus meneliti apakah pemasangan perban sudah tepat atau belum pasca operasi.

9. Hal yang paling dibenci dokter adalah salah diagnosis

Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, dokter menggunakan banyak peralatan. Bahkan uji dan tes diulangi beberapa kali untuk mendapatkan gambaran sang pasien. Salah diagnosis merupakan hal yang dibenci oleh dokter. Bahkan hal seperti ini merupakan ketakutan tersendiri bagi dokter. Tidak heran, dokter juga sering menggunakan beberapa gabungan teknologi canggih untuk memeriksa pasien.