Brilio.net - Meski saat ini model dan bahan jilbab sudah sangat bervariasi, namun model jilbab paris tetap punya penggemarnya sendiri di kalangan para hijabers. Selain harganya yang terjangkau, jilbab paris memiliki bahan yang lembut dan nggak terlalu tebal jadi nyaman buat dipakai beraktivitas sehari-hari. Sayangnya, masih banyak hijabers yang belum paham cara merawat jilbab segi empat paris. Tak heran kalau koleksi jilbab mereka malah jadi cepat pudar dan nggak eye catching lagi buat dipakai.

Nah, berikut ini ada 5 cara merawat jilbab dari segi empat paris yang brilio.net rangkum khusus buat kamu penggemar jilbab paris. Simak ya, hijabers!

1. Jangan cuci dengan detergen

Sebaiknya saat mencuci jilbab paris jangan menggunakan detergen bubuk. Alasannya karena dapat menyebabkan warna jilbab paris gampang pudar dan merusak serat-serat bahan jilbab. Sebagai pengganti detergen bubuk, kamu bisa menggunakan sabun mandi atau detergen cair untuk mencuci jilbab paris.

2. Hindari mencuci dengan mesin cuci

Loading...

Biar jilbab paris koleksimu tetap awet, sebaiknya hindari mencuci menggunakan mesin cuci. Cara mencuci yang tepat adalah menggunakan tangan dan jangan disikat. Cukup merendam jilbab sebentar dan dicelup-celup saja lalu bilas hingga bersih.

3. Cukup diangin-anginkan

Saat jilbab paris selesai dicuci, cukup diangin-anginkan saja untuk proses pengeringan. Kamu tak perlu menjemur jilbab paris kesayanganmu di bawah sinar matahari langsung karena hal ini dapat membuat warna jilbab paris cepet pudar dan tampak kusam. Cara menjemur jilbab paris pun usahakan untuk nggak melipatnya tapi dibentangkan saja untuk menghindari lipatan yang terlalu banyak.

4. Suhu penyetrikaan jangan terlalu panas

Saat menyetrika jilbab paris, sebaiknya gunakan suhu rendah atau medium. Mengingat bahan jilbab ini cenderung tipis, kalau terlalu panas bisa cepat gosong. Gunakan suhu khusus sama seperti saat menyetrika bahan sutra. Kalau kamu menemukan serat kain pada jilbab yang agak rusak atau kusut, maka cukup digosok-gosokkan ke arah luar yang serat kainnya masih rapat. Hal ini bisa membantu serat yang sudah rusak jadi rapat kembali.

5. Lipat jadi dua bagian

Saat menyetrika sebaiknya jangan melipatnya menjadi beberapa bagian kecil. Hal ini dapat menyebabkan jilbab akan terlihat kusut pada saat mau dipakai. Kamu cukup melipatnya menjadi dua bagian dan menggantungnya menggunakan hanger atau gantungan khusus untuk jilbab.