Brilio.net - Bukan hanya luar negeri saja yang memiliki konsep rumah unik, Indonesia juga punya, kok. Ini menandakan para arsitek Indonesia tak kalah jeniusnya dengan arsitek luar negeri. Ya kan?

Mau tahu rumah-rumah unik yang ada di Indonesia? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (15/4), lima rumah keren di negara kita:

1. Guest House rumah dinas Bupati Banyuwangi

Ini 5 rumah unik dan keren di Indonesia yang perlu kamu sambangi

Konsepnya mirip rumah Hobbit dalam film The Lord of the Rings yang dari luar tampak seperti bunker ditutupi rerumputan nan hijau, tak lupa jendela-jendela yang persis cerobong asap berlapis kaca sebagai penerang ruangan dan kamar bangunan ini.

Bangunan yang dibesut oleh arsitek ternama Adi Purnomo ini, disebut pula sebagai green house. Desain interiornya juga cantik dan elegan. Furniturnya diisi dengan kerajian khas Banyuwangi. Tempat ini sendiri berfungsi untuk menerima tamu-tamu penting. Sebut saja seperti Dubes Amerika Serikat (AS), Robert O Blake, pernah berlibur merayakan Thanksgiving Day di Banyuwangi dan menginap di tempat ini pada tahun 2014 lalu.

2. Rumah Pohon

Ini 5 rumah unik dan keren di Indonesia yang perlu kamu sambangi

Menjadi manusia pohon bukan hanya si Tarzan dalam kartun saja lho. Ternyata, Suku Korowai di Papua memiliki rumah di atas pohon. Seluruh bahan material berasal dari pepohonan, baik itu kayu maupun ranting. Ketinggian rumah ini sendiri bisa mencapai 50 meter dari permukaan tanah. Wow!

3. Rumah Gurita

Ini 5 rumah unik dan keren di Indonesia yang perlu kamu sambangi

Kamu mungkin cukup familiar dengan rumah yang ceritanya diangkat ke layar lebar tahun 2014 kemarin. Terlepas dari isu keangkerannya, rumah yang terletak di belakang hotel Grand Aquila Bandung ini memang unik. Atapnya seolah 'dikuasai' oleh juluran tentakel-tentakel gurita. Konon, gurita itu dibuat sebagai dekorasi dari tandon air rumah tersebut.

4. Rumah Botol

Ini 5 rumah unik dan keren di Indonesia yang perlu kamu sambangi

Disebut rumah botol karena dibangun dari 30 ribu botol kaca minuman berenergi. Kamu tahu rumah ini milik siapa? Rumah unik satu ini milik wali kota Bandung, Ridwan Kamil. Pria, yang memang seorang arsitek ini mulai membangun rumah tersebut sejak tahun 2005 dengan mengumpulkan botol bekas dari pemulung-pemulung di Kota Bandung dan beberapa kota di sekitarnya.

5. Rumah Domes

Ini 5 rumah unik dan keren di Indonesia yang perlu kamu sambangi

Rumah ini berbentuk melengkung mirip igloo, rumah Suku Eskimo. Ada juga yang bilang mirip rumah Teletubbies. Lokasinya terdapat di Dusun Nglepen, Kelurahan Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desain rumah ini diklaim mempunyai keunggulan tahan gempa dan terpaan angin hingga kecepatan 450 km/jam.

Kamu berminat berkunjung dan foto-foto selfie di rumah-rumah ini nggak?