Brilio.net - Cuaca memang bisa membuat tubuh kamu merasakan panas dan dingin. Akan tetapi ada juga lho, orang yang sering mengeluh kepanasan padahal cuacanya tidak terlalu panas. Mungkin kamu menilai orang tersebut lebay. Padahal secara ilmiah, setiap orang mempunyai kadar yang berbeda-beda untuk merasakan panas atau dingin.

Dikutip brilio.net dari womenshealthmag.com, Selasa (7/4), ternyata banyak penyebab orang merasakan panas dan dingin yang berbeda-beda. Berikut adalah empat hal yang dikonfirmasi menjadi penyebab fenomena ini.

1. Hypothalamus

Hypothalamus merupakan bagian otak yang memproduksi hormon untuk mengatur temperatur tubuh. Melalui bagian ini, kulit kamu bisa mendeteksi suhu yang kamu rasakan. Jadi produksi hormon yang berbeda mempengaruhi seseorang untuk merasakan suhu. Jadi wajar saja jika ada orang yang kedinginan meskipun suhu AC-nya sudah dinaikkan menjadi 22 derajat celcius.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Tingkat stres

Jika tubuh kamu sering merasa kepanasan, bisa jadi kamu sedang mengalami stres yang tinggi. Stres yang kamu rasakan bisa mempengaruhi aliran darah tubuh kamu. Akibatnya, aliran darah naik dan tubuh kamu merasakan kepanasan. Biar tidak sering kepanasan, jangan sering stres ya!

3. Perbedaan gender

Penelitian dari Universitas Utah mengungkapkan bahwa wanita memiliki suhu yang lebih hangat dibandingkan dengan pria. Tangan wanita juga lebih dingin dibandingkan dengan pria. Akan tetapi, riset dari International of Indoor Environment and Health membantah bahwa gender merupakan penyebab seseorang merasakan panas dan dingin yang berbeda. Akan tetapi, sensitivita yang tinggi dari wanita bisa jadi menjadi penyebab kelompok ini lebih merasakan panas.

4. Faktor psikologi

Di balik penyebab semua itu, psikologi bisa menjadi faktor utamanya. Orang merasakan panas yang berlebihan atau terlalu kedinginan karena faktor psikologi. Jadi jika kamu ingin merasakan hawa dingin di saat suhu panas, lebih baik atur pikiranmu sendiri.

(brl/gib)