Brilio.net - Bagi kamu yang baru pertama memelihara anjing mungkin bingung bagaimana cara merawatnya. Ternyata memelihara anjing itu tidak sulit lho, guys. Perawatan anjing itu sama dengan perawatan-perawatan hewan peliharaan pada umumnya. Manfaat memelihara anjing pun banyak lho. Tak hanya sebagai penjaga rumah, atau teman bermain, ternyata memelihara anjing juga menyehatkan.

Tak percaya? Berikut ini alasan-alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/1), khusus untuk kamu. Cekidot!

1. Membuatmu rajin berolahraga

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu foto: adytiawan.wordpress.com

Mengapa? Karena mau tak mau, kamu harus sering mengajak keluar anjingmu untuk exercise setiap pagi. Mau tak mau juga kan kamu harus ikut lari-lari jogging berolahraga.

2. Meningkatkan mood-mu

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu foto: intisari-online.com

Obat apa yang ampuh untuk meredakan stres? Hewan peliharaan? Ya, bahkan penelitian telah menunjukkan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 30 menit bersama hewan peliharaan menjadikan kamu merasa rileks dan tenang. Bermain dengan anjing atau hewan lain juga meningkatkan kesenangan dan ketenangan.

3. Anjing dapat mendeteksi kanker

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu foto: hello-pet.com

Karena indra penciumannya yang luar biasa, anjing bisa menunjukkan di mana saja dengan akurasi 70-99% (tergantung pada studi) ketika bertugas mendeteksi kanker paru-paru pada pasien di dekatnya.

4. Mendeteksi kejang pada serangan jantung sebelum terjadi

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu foto: pulsk.com

Penelitian terbaru menunjukkan anjing tertentu dapat memperingatkan kejang pada pasien sebelum mereka akan mengalami serangan, kadang-kadang 1 jam sebelum hal itu terjadi.

Tidak ada yang tahu bagaimana mereka melakukannya, atau mengapa hanya anjing tertentu bisa melakukannya. Mereka juga tidak dapat dilatih untuk melakukannya, jadi jika kamu merasa memiliki penyakit jantung, kamu perlu memelihara anjing untuk mendeteksi serangan jantung sebelum kejang terjadi.

5. Membantu mengatasi depresi

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu foto: media.iyaa.com

Kamu mudah depresi, atau depresi kronis bahkan lebih serius? Lebih mudah untuk menanganinya dengan memelihara anjing. Cukup dengan memiliki anjing di sekitarmu, luangkan waktumu untuk berjalan-jalan di sekitar perumahan atau taman dengan anjing kesayanganmu maka kamu tidak akan mudah depresi.

6. Memperpanjang usia

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu foto: baranews.co

Ada banyak manfaat kesehatan yang berkaitan dengan memelihara anjing dan telah dibuktikan oleh penelitian. Penelitian juga menunjukkan bahwa pemilik anjing cenderung hidup lebih lama daripada orang yang tidak mempunyai anjing. Sementara itu banyak cerita di mana anjing bisa menyelamatkan nyawa pemiliknya.

7. Memelihara anjing dapat menurunkan kolesterol

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu

Hewan peliharaan ternyata juga memiliki pengaruh terhadap turunnya kadar kolesterol dan trigliserida. Pasalnya, hewan peliharaan tentunya akan membuat aktivitas majikannya bertambah dengan merawat dan mengajaknya bermain, sehingga secara tidak langsung majikannya berolahraga. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam tubuh pun turun dengan olahraga.

8. Membantu menurunkan tekanan darah

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu foto: anjingvibe.com

Memiliki hewan peliharaan dapat membantumu mengelola tekanan darah. Salah satu penelitian menyimpulkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding orang yang tidak memiliki binatang peliharaan. Penelitian lain menunjukkan bahwa pengidap hipertensi  dapat mengalami penurunan tekanan darah ketika membelai anjing.

9. Mengatasi obesitas

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu

Anjing membuat kamu lebih aktif karena harus mengajaknya berlari dan bermain di luar rumah. Karena itu, kecil kemungkinan bagi pemiliknya untuk mengalami obesitas.

10. Mengurangi alergi

Ini 10 Alasan mengapa memelihara anjing baik untuk kesehatanmu foto: alodokter.com

Mungkin hal ini bertolak belakang dengan anggapan yang selama ini beredar, namun para peneliti telah menemukan bahwa anak yang tumbuh dengan memiliki anjing atau kucing dapat mengurangi risiko asma dan alergi.

Sebuah studi tahun 2004 di University of Wisconsin menyebutkan, anak yang tumbuh dengan memiliki anjing di rumah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan lebih efektif memerangi masalah pernapasan kronis.

Para peneliti telah mencatat bahwa anak-anak yang tumbuh dalam sebuah rumah yang ada anjing atau kucing jarang mengalami alergi. Hal yang sama berlaku untuk anak-anak yang tinggal di peternakan dengan hewan besar.