Brilio.net - Green tea matcha is in da house! Emang lagi kekinian banget nih jenis teh hijau dalam bentuk bubuk ini. Biasanya sih digunakan sebagai campuran dalam milkshake, martabak, roti bakar, pancake, atau diminum langsung dengan seduhan air panas dan bisa juga diminum dingin dengan tambahan es batu. Seger!

Nggak melulu karena ngikutin tren, ternyata mengonsumsi green tea matcha setiap bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatanmu, lho. Ah, masa sih? Ini 10 manfaat jika kamu mengonsumsi green tea matcha, seperti dikutip brilio.net dari naturallivingideas.com, Kamis (7/5):

1. Kaya antioksidan

Seperti yang kita tahu, tubuh kita membutuhkan antioksidan untuk melawan efek negatif dari radiasi sinar UV, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit kita. Bahkan antioksidan dapat mencegah sejumlah penyakit yang sangat mengancam jiwa kita, lho! Kabar baiknya adalah dalam satu mangkuk green tea matcha, memiliki kandungan oksigen lima kali lebih besar daripada antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau, bahkan nilainya mencapat nilai tertinggi dalam metode ORAC (oxygen radical absorbance capacity).

2. Kaya akan Catechin, EGCg

Loading...

Teh hijau mengandung serangkaian tertentu senyawa organik yang dikenal sebagai Catechin. Di antara antioksidan, catechin yang paling ampuh dan bermanfaat. Bahkan catechin bubuk green tea yang bernama epigallocatechin (EGCg) memiliki kandungan yang besar yaitu sejumlah 60 persen. Di EGCg sendiri adalah catechin yang diakui untuk sifat resisten terhadap kanker. Para ilmuwan telah menemukan bahwa Matcha Green Tea mengandung lebih dari 100 kali lebih EGCg dibandingkan teh lainnya di pasar. Wow!

3. Punya efek menenangkan

Matcha green tea udah ada dari zaman dahulu kala, bahkan hampir satu milenium digunakan sebagai alat untuk meditasi, karena khasiatnya yang menenangkan namun bisa tetap waspada. Hal ini disebabkan karena daun yang digunakan untuk membuat matcha mengandung asam amino L-Theanine yang fungsinya untuk meningkatkan produksi gelombang alfa di dalam otak sehingga menyebabkan relaktasi tanpa mengantuk.

4. Meningkatkan memori dan konsentrasi

L-Theanine disamping memiliki manfaat relaksasi ternyata juga memproduksi dopamin dan serotonin. Kedua bahan kimia ini berfungsi untuk meningkatkan mood, memori, sehingga membuat konsentrasi menjadi lebih baik.

5. Menghasilkan energi

Pada zaman dahulu, green tea matcha dipercaya oleh para prajurit Jepang sebagai minuman berenergi. Makanya sebelum berperang, mereka kudu minum matcha green tea. Hal ini disebabkan karena secara alami, green tea mengandung kafein dan kombinasi nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan energi. Dalam semangkuk matcha green tea, efeknya bahkan bisa bertahan hingga enam jam lamanya.

6. Membakar kalori

Minum Matcha Green Tea juga telah terbukti meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak bahkan empat kali lebih cepat dari rata-rata. Keuntungan lainnya, Matcha tidak menyebabkan efek samping negatif seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah tinggi.

7. Detoksifikasi

Matcha dikenal sebagai detoksifikasi racun paling ampuh bahkan mampu menghilangkan logam berat dan racun kimia dalam tubuh. Ini karena sebelum dipanen, kira-kira tiga minggu sebelumnya, daun teh hijau ditutupi supaya terhindar dari sinar matahari. Karena ditutup, maka terjadi peningkatan luar biasa dalam produksi klorofil dalam pertumbuhan tanaman baru. Klorofil dalam tingkat tinggi bahkan membuat teh ini berwarna hijau cerah.

8. Membentengi sistem kekebalan tubuh

Catechin dalam teh hijau Matcha telah terbukti memiliki sifat antibiotik yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, hanya satu mangkuk Matcha Green Tea saja ternyata bisa memberi kalium, Vitamin A & C, Besi, Protein, dan kalsium dalam jumlah yang besar. Penelitian lebih lanjut bahkan menyatakan bahwa nutrisi dalam Matcha mungkin memiliki kemampuan untuk menghambat serangan HIV pada T-sel manusia.

9. Meningkatkan kolesterol yang baik dan mengurangi potensi sakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum bubuk teh hijau secara teratur memiliki tingkat LDL (kolesterol jahat) yang rendah sementara pada saat yang sama mampu menghasilkan produksi HDL (kolesterol baik) yang tinggi. Pria yang minum Matcha Green Tea sekitar 11% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak minum Matcha. Bahkan, minum lima cangkir atau lebih teh hijau setiap hari  mengurangi risiko kematian sebesar 13% pada pria dan 17% pada wanita, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari secangkir dalam sehari.

10. Rasa yang menakjubkan

Nggak seperti kebanyakan teh lain yang memerlukan gula, susu, atau lemon untuk membuat rasanya menjadi enak, matcha benar-benar memiliki rasa nikmat yang dihasilkan dari bubuk teh hijau itu sendiri. Rasa unik itu dihasilkan oleh asam amino L-Theanine yang terkandung dalamnya. Slurpp, sudah enak bermanfaat lagi! Cus ah, minum green tea matcha dulu gih sana.