1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Life
Sabar Artiyono 27 Mei 2015 21:40

Ingin cegah kepikunan? Pilihlah pekerjaan yang bikin kamu stres

Menurut penelitian, pekerjaan stres malah membantu cegah pikun.

Brilio.net - Demensia (pikun) bukanlah penyakit yang remeh. Gangguan ini telah menyerang satu juta orang Indonesia pada tahun 2011. Bahkan, orang yang berusia lebih dari 65 tahun bisa berisiko terkena demensia hingga 78%. Mungkin kamu merasa takut dengan data tersebut. Memang penyakit ini semacam hantu ketika usiamu semakin bertambah.

Meskipun begitu, kamu bisa mencegah penyakit ini dengan memilih pekerjaan yang bikin stres. Dikutip oleh brilio.net dari Journal of Occupational Health and Psychology, Rabu (27/5), pekerjaan yang menantang alias gampang bikin stres bisa menjaga kesehatan mental. Riset ini dilakukan oleh psikolog asal Michigan University dengan melibatkan 4,182 responden yang berumur lebih dari 18 tahun.

Sang peneliti, Gwenith Fisher menjelaskan bahwa pekerjaan dengan level stres yang tinggi mampu menjaga pikiran tajam setelah pensiun. Artinya masa tua kamu  aman dari demensia. Jadi, jangan ragu untuk memilih pekerjaan yang menantang pekerjaan tipe seperti ini selagi umur masih muda.

Sebuah temuan dari jurnal Neurology juga mengungkapkan hal senada dengan temuan Gwenith. Jurnal tersebut menyimpulkan bahwa orang yang memiliki pekerjaan yang sangat menantang seperti analisis, terbiasa dengan konflik, dan tidak stabil mampu turunkan angka risiko terkena demensia. Penelitian ini melibatkan 1.054 orang dengan umur di atas 75 tahun.

Jika disuruh memilih, apakah kamu akan tetap yakin untuk memiliki pekerjaan yang biasa-biasa saja? Tentukan dari sekarang guys!

(brl/swh)

5 Alutsista Anak Bangsa Tembus Pasar Internasional
Berikut 5 alutsista anak bangsa tembus pasar

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?