Brilio.net - Ilmu pengetahuan perlahan-lahan sudah mulai menguak rahasia di dalam tubuh manusia. Salah satu yang paling menarik adalah sistem genetik. Sebuah studi mengungkap bahwa hobi traveling seseorang ditentukan oleh gen, dikutip oleh brilio.net dari elitedaily.com, Kamis (16/4).

Gen tersebut bernama DRD4-7R, sayangnya gen ini hanya dimiliki oleh 20% orang saja. Jadi wajar jika ada orang yang memang benar-benar susah untuk dijadikan partner traveling.

Gen yang diidentifikasi sebagai DRD4-7R dikaitkan dengan tingkat keingintahuan dan keinginan untuk selalu mengunjungi tempat lain. Kedua sifat inilah yang menyebabkan gen ini selalu dikaitkan dengang orang yang hobi traveling. Orang yang memiliki gen ini selalu haus untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang belum dikunjungi.

Sebuah riset yang dilakukan oleh David Dobbs dari National Geographic menegaskan bahwa gen jenis ini juga sering dihubungkan dengan keberanian seseorang untuk mengambil risiko, ekspolrasi tempat baru, ide, makanan, dan hubungan. Dobbs juga menambahkan bahwa gen ini suka berpetualang.

Dobbs juga menyatakan bahwa mutasi dari gen ini juga dikaitkan dengan fenomena migrasi manusia. Jadi, orang yang sering berpindah-pindah tempat biasanya memiliki gen ini dibandingkan dengan orang-orang yang hanya menetap di suatu daerah. Alibi inilah yang juga menguatkan bahwa DRD4-7R menentukan apakah seseorang suka traveling atau tidak.