×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hindari kebiasaan ini kalau tidak mau terjadi kebakaran

View Image

0

BRILIO » Life

Hindari kebiasaan ini kalau tidak mau terjadi kebakaran

ilustrasi kebakaran

Ada beberapa kebiasaan yang mungkin tidak kita sadari, namun justru menimbulkan risiko kebakaran

21 / 06 / 2015

Brilio.net - Musibah kebakaran bisa terjadi kapan saja, tanpa diduga atau disadari. Tak jarang kita melihat beritanya di televisi, terutama kebakaran di daerah padat pemukiman. Ancaman ini bisa mengenai harta benda milik orang bersangkutan atau bahkan nyawa orang itu sendiri.

Maka dari itu, guys, kita perlu berhati-hati. Berikut kebiasaan yang harus kita hindari untuk mencegah terjadinya kebakaran di lingkungan kita tinggal, seperti dikutip brilio.net dari laman Good Housekeeping, Minggu (21/6).

1. Mencolokkan peralatan listrik ke kabel ekstensi

Hindari kebiasaan ini kalau tidak mau terjadi kebakaran

-Rachel Rothman, Direktur Teknik di Good Housekeeping Institute menyarankan bahwa semua peralatan listrik harus terhubung langsung ke stopkontak utama. Hindari menggunakan kabel ekstensi atau stopkontak strip (stopkontak yang memiliki banyak lubang colokan). Lebih dari satu alat yang memproduksi panas tersebut, bisa menimbulkan risiko api listrik dari kabel atau korsleting yang menyebabkan kebakaran.

Loading...

Solusinya adalah atur dengan rapi bila kamu terpaksa menggunakan kabel ekstensi maupun stopkontak strip atau pastikan kamu sudah mencabut stopkontak bila pergi ke mana saja terutama dalam waktu yang lama. Akan lebih baik bila kamu memasang stopkontak utama tambahan dan yang pasti sebelum membeli kabel kamu bisa tanya potensi bahaya panas yang ditimbulkan.

2. Meninggalkan dapur saat aktivitas masak berlangsung-Memasak, terutama tanpa pengawasan, adalah salah satu penyebab kebakaran rumah. Kita tidak pernah tahu atau sadar kalau ternyata kebakaran bisa mengancam kita hanya sepersekian detik,akibat kita lalai dalam memasak. Menggoreng adalah aktivitas memasak yang paling berisiko, menurut United State Fire Administration (USFA). Oleh karena itu, jangan sekali-sekali mengabaikan pengawasan kamu selama memasak ya, guys.

3. Menggunakan kabel yang telah rusak atau aus

Hindari kebiasaan ini kalau tidak mau terjadi kebakaran

-Tak jarang kita membiarkan kabel di rumah yang kulitnya telah mengelupas. Padahal ini bahaya banget lho, guys. Contoh sederhananya kabel setrika yang terkelupas, bikin kamu bisa tersengat listrik, kan?

Nah, kabel-kabel aus begini juga bisa meningkatkan risiko kebakaran jika panas dari kabel bereaksi dengan apa pun yang dapat membakar. Maka, segera ganti dengan kabel yang baru, ya. Kita tidak bisa menghindari 'kekuatan' api kecil yang tiba-tiba saja bisa menggelegak besar.

4. Meninggalkan rumah dengan alat listrik masih menyala-Ini nih, yang bikin risiko kebakaran. Lebih baik kamu pastikan kembali sebelum pergi dari rumah. Hal ini menghindari segala kemungkinan yang bisa ditimbulkan dari panas kabel, panas alat listrik itu sendiri, dan sebagainya.

5. Mengabaikan serat yang perlu dibersihkan dari mesin pengering-Menurut USFA, 2.900 kebakaran mesin pengering pakaian terjadi setiap tahun dan menyebabkan $35 juta kerugian properti. Nah, walaupun itu laporan dari Amerika Serikat, kita juga kudu waspada, guys.

Pasalnya, serat pakaian yang terkumpul pada filter atau penyaring di sekitar drum dan ventilasi, dapat menangkap api dari panas yang ditimbulkan mesin pengering, lho. "Tanpa pembersihan, serat menumpuk dan kemudian panas tidak bisa dihindarkan," kata Lorraine Carli, perwakilan National Fire Protection Association (NFPA) Amerika Serikat.

Solusi yang dia tekankan adalah membersihkan saringan tersebut secara teratur dan memeriksa selang pengering setidaknya satu kali setahun.

6. Meninggalkan lilin menyala tanpa pengawasan

Hindari kebiasaan ini kalau tidak mau terjadi kebakaran

-Kedengarannya sederhana tapi hal ini tidak menutup kemungkinan, lho. Lilin bisa jatuh karena letaknya tak kokoh atau bisa juga tersenggol sehingga bisa menimbulkan kebakaran. Hati-hati ya, guys.

Nah, guys, hati-hati ya, dalam memanfaatkan alat listrik kamu. Keselamatan kamu, lho.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more