Brilio.net - Bagi sebagian wanita, merawat seluruh tubuh menjadi hal yang wajib dilakukan demi menjaga setiap penampilannya. Tak terkecuali dengan salah satu bagian tubuh yang kadang luput untuk diperhatikan, yaitu kaki.

Karena, rasanya kurang sedap dipandang saat mengenakan rok atau celana pendek namun kaki terlihat tidak terawat. Iyuh!

Nah, ternyata kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari pun dapat mempengaruhi penampilan kaki kamu lho. Seperti dilansir brilio.net dari marieclaire, Jumat (3/4), setidaknya ada lima kebiasaan yang mampu membuat kaki kamu terlihat tidak indah. Apa saja? Nih, simak ya!

1. Duduk sepanjang hari
Rasanya kebiasaan ini sulit dihindari apalagi kalau kamu bekerja di tempat yang menuntut kamu duduk dari pagi hingga sore atau bahkan malam hari.

Ternyata, duduk dapat memperlambat sirkulasi darah yang menghambar peredaran darah di daerah kaki yang bisa memicu varises, bengkak, maupun darah beku. Oleh sebab itu, pastikan kamu sejenak beranjak dari kursi setiap satu jam sekali dengan berjalan atau meregangkan kaki. Sadly, this is a reality for most of us.

2. Terlalu sering menyilangkan kaki
Berita baiknya menyilangkan kaki tidak dapat menyebabkan varises. Tapi, kebiasaan ini sedikit menekan pembuluh darah dan dinding pembuluh vena akan membengkak. Phew! Apabila kondisi kaki kamu rentan terhadap varises, ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan ini.

3. Lupa membersihkan kaki
Sama halnya dengan wajah, kaki pun harus terjaga kebersihan dan kelembapannya. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan dan merawat kulit kaki kamu. Ya setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Untuk pelembap, pastikan kamu mengaplikasikannya sekali sehari. Pastikan juga untuk memilih sabun pembersih atau krim yang mengandung formula hidrasi.

4. Malas bercukur
Supaya kamu memiliki kaki yang indah dan bersih, jangan sungkan untuk melakukan shaving atau menghilangkan bulu kaki kamu, baik dengan waxing atau mencukur menggunakan pisau cukur khusus. Ketika mencukur, pastikan kamu mengganti mata pisau cukurnya setelah lima hingga tujuh kali penggunaan atau ketika mata pisau sudah tumpul atau berkarat.

5. Tidak memperhatikan luka
Luka pada kaki jika tidak ditangani dengan baik akan meninggalkan bekas luka. Entah itu karena pisau cukur, gigitan nyamuk, atau luka ringan lainnya. Jika kamu memiliki bekas luka yang sudah terlanjur nyata, jangan ragu untuk melakukan perawatan guna menghilangkan atau menyamarkan bekas luka tersebut. Kamu juga bisa mengaplikasikan minyak vitamin E yang mengandung antioksidan untuk memperbaiki kondisi kulit yang terkena bekas luka.