Brilio.net - Banyak dari kita yang sejak kecil diajarkan sopan santun untuk menutup hidung dan mulut ketika bersin. Kamu termasuk nggak? Nah, ternyata hal ini bukan tanpa alasan. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa seseorang yang bersin bisa mencemari suatu ruangan dalam beberapa menit.

Dilansir brilio.net dari health, Rabu (23/12), para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sampai pada kesimpulan setelah menganalisis video dari dua orang yang tidak sehat yang bersin sekitar 50 kali selama beberapa hari. Sementara menurut laman Science Alert, dalam video unggahan Fluid Dynamics of Disease Transmission Laboratory tersbut terlihat bagaimana semburan cairan tubuh berlangsung menjijikkan tapi begitulah prosesnya.

Diketahui bahwa bersin dapat menyebarkan penyakit menular seperti campak atau flu, karena virus yang terkandung dalam cairan bersin dapat terhirup oleh orang lain, atau diendapkan pada permukaan yang kemudian pindah ke orang lain lewat sentuhan. Tapi para peneliti masih belum mengetahui seberapa jauh cairan bersih dapat menyebar atau mengapa beberapa orang lebih cenderung menyebarkan penyakit melalui bersin dibandingkan dengan yang lain.

Namun dalam studi sebelumnya, tim yang dipimpin oleh Lydia Bourouiba menemukan bahwa dalam beberapa menit, cairan bersin dapat mencakup area seukuran ruangan dan mencapai saluran ventilasi di langit-langit yang tinggi.

"Cairan bersin tidak semua terbentuk dan keluar secara rapi dalam ukuran tertentu dari mulut, seperti yang diasumsikan sebelumnya dalam literatur. Sebaliknya, cairan bersin keluar secara kompleks yang berlanjut setelah mereka meninggalkan paru-paru, dan melewati bibir," kata Bourouiba dalam rilis berita pada masyarakat.

"Belajar lebih banyak tentang dinamika bersin, kita bisa menemukan cara baru untuk mencegah penyebaran penyakit yang menular dengan virus atau bakteri, terutama selama epidemi atau pandemi."