Brilio.net - Hanya karena bau badan, seorang lelaki membunuh teman kencannya. Berita itu menjadi topik yang paling menyita perhatian publik Tanah Air dalam beberapa hari ke belakang. Pertanyannya, kok bisa ya hanya hal sepele menjadi pemicu mudahnya menghilangkan nyawa seseorang?.

Ah, tapi lupakan berita itu ya guys!. Kita ngobrolin yang di luar kasus kriminalnya saja. Ya, membicarakan bau badan. Bau badan memang terkadang momok bagi banyak orang. Soalnya bikin nggak nyaman acara kumpul bareng teman atau nge-date sama gebetan anyar.

Nah, kamu perlu tahu cara alami untuk mengatasi bau badan dengan menggunakan beberapa bahan makan yang sering kita konsumsi. Apa saja dan bagaimana, berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari laman top10homeremedies.com, Jumat (1t/4).

1. Tomat

Tomat memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab bau badan. Dia juga bisa mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi keringat. Cara tomat bikin bau badanmu hilang adalah minumlah 1-2 gelas jus tomat setiap hari. Atau bisa juga jadikan cairan tomat tersebut untuk mandi. Jadi, campurlah jus tomat itu ke dalam air mandimu. Setidaknya mandilah dengan jus tomat ini sebanyak satu kali sehari untuk mengontrol bau badanmu.

Loading...

2. Baking soda

Baking soda ternyata bisa menyerap kelembaban kulit, keringat, dan mengurangi bau badan. Dia bisa membunuh bakteri dan bekerja seperti deodoran alami. Cara mengolah baking soda untuk menghilangkan bau badan yaitu:

a. Campurlah satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan jus lemon

b. Oleskan pada ketiak dan bagian tubuh lain yang berkeringat berlebihan

c. Biarkan selama beberapa menit lalu cucilah dengan air tapi jangan digosok

d. Mandilah seperti biasa

e. Lakukan setidaknya sekali selama beberapa minggu

3. Jus lemon

Asam dari jus lemon membantu menurunkan tingkat pH kulit sehingga membuat bakteri penyebab bau badan sulit hidup. Kamu hanya perlu menggosokkan satu setengah potongan lemon ke ketiak kamu. Biarkan kering dengan sendirinya, lalu mandilah. Kamu bisa menerapkan cara ini sekali sehari sampai bau badanmu teratasi.

Kalau kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa mencairkan jus dari setengah buah lemon ke dalam satu setengah cangkir air. Setelah itu oleskan dengan kapas ke ketiak kamu. Biarkan selama 10 menit lalu cucilah dengan air. Lakukan ini setidaknya satu kali sehari sampai bau badan hilang.

4. Rosemary

Daun rosemary dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Daun ini mengandung mentol dan klorofil yang memiliki sifat deodoran alami sehingga bisa menetralisir bau badan. Selain itu, rosemary mengandung zinc untuk mengurangi penyebab bau badan.

Cara memakainya adalah sebagai berikut:

a. Tambahkan satu setengah cangkir daun rosemary kering ke dalam empat cangkir air panas

b. Setelah 10 menit, campur air campuran itu ke dalam air mandi selama 15-20 menit.

c. Lakukan setidaknya satu kali sehari

Kamu juga bisa mencampur 8-10 tetes minyak esensial rosemary ke dalam satu gelas air dan oleskan ke ketiak sebagai deodoran. Nah, kalau rosemary bikin kamu iritasi, hentikan penggunaannya, ya.

Selamat mencoba ya, good luck!