Brilio.net - Gusi berdarah ketika menyikat gigi menjadi problem kebanyakan orang. Ternyata, hal ini menunjukkan bahwa gusi terkena radang gusi ringan. Apakah kamu mengalaminya juga?

Nah, untuk mengatasinya, sebelum datang ke dokter gigi, kamu bisa menerapkan beberapa tips jitu.

Dilansir brilio.net dari timesofindia.indiatimes.com, Rabu (29/4), berikut tips sederhana untuk mencegah gusi berdarah.

1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dipercaya mengurangi peradangan gusi dan menghentikan gusi berdarah lebih parah. Kamu bisa mengambil sedikit minyak cengkeh lalu menggosokkannya pada gusi atau kamu bisa mengunyah langsung cengkeh mentah sebanyak satu atau dua siung. Sensasinya mungkin akan seperti 'membakar' mulutmu tapi minyak cengkeh akan bekerja dengan baik.

Loading...

2. Aloevera

Aloevera atau lidah juga berfungsi mengurangi peradangan gusi dan mencegah pendarahan lebih banyak. Kamu bisa mengambil daging lidah buaya kemudian oleskan atau gosokkan pada bagian gusi berdarah. Atau, kamu juga bisa mengonsumsi cairan yang memiliki kandungan lidah buaya di dalamnya. Selain dioleskan, paling praktis kamu juga bisa gunakan kandungan lidah buaya itu untuk berkumur.

3. Cara menyikat gigi sudah benar?

Perhatikan cara kamu menyikat gigi. Menggosok gigi yang terlalu keras dan didorong melewati batas garis gusi bisa melukai gusimu.

4. Buah-buahan dan sayuran segar

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin, mineral, dan rendah kalori, bisa meningkatkan sirkulasi darah di gusi. Dengan begitu akan membantu mengurangi pendarahan gusi.

5. Berkumur dengan garam

Salah satu cara yang murah meriah untuk mengatasi luka pada gusi adalah berkumur dengan air garam. Kamu cukup mengambil air hangat (bukan air panas) lalu larutkan garam. Setelah itu, gunakan untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari.

Selamat mencoba ya!