Brilio.net - Sholat adalah kewajiban umat Islam yang dilakukan liwa waktu dalam sehari-semalam. Dengan sholat, kamu bisa menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta. Ini karena sholat membuat hati seseorang menjadi tentang dan tentram. Tapi, kamu tahu nggak, ternyata gerakan sholat juga punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, lho!

Mau tahu apa saja? Ini manfaat gerakan sholat bagi tubuh, seperti dilansir brilio.net, Senin (30/3) dari berbagai sumber.

1. Gerakan takbiratul ihram

Gerakan sholat ternyata baik untuk kesehatan tubuh

Gerakan yang pertama saat sholat adalah takbiratul ihram. Gerakan yang dilakukan dengan mengangkat kedua tangan dan menyimpannya di dada seperti sedang mendekap. Gerakan ini bisa membuat pernapasan dada menjadi lancar. Otot tangan serta bahu akan berkontraksi sehingga menjadi lebih kuat dan kencang.

2. Gerakan rukuk

Gerakan sholat ternyata baik untuk kesehatan tubuh

Gerakan yang kedua dalam sholat adalah rukuk. Gerakan ini dilakukan denan mengedepankan badan dan kemudian menahannya dengan menumpukan kedua tangan pada lutut. Gerakan ini membuat darah yang mengalir dalam tubuhmu menjadi lebih lancar.

3. Gerakan sujud

Gerakan sholat ternyata baik untuk kesehatan tubuh

Gerakan sujud membuat tubuhmu juga menjadi sehat, lho. Dengan bersujud, meletakkan wajah dan hidung ke lantai bisa membuat darah yang mengalir ke kepala menjadi lebih lancar. Selain itu, menurut penelitian, gerakan sujud membuat fungsi otak kanan dan kiri menjadi lebih maksimal. Jika seseorang melakukan gerakan sujud dalam waktu yang lama, maka orang tersebut menjadi lebih kreatif dan pintar.

4. Gerakan duduk

Gerakan sholat ternyata baik untuk kesehatan tubuh

Duduk pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Duduk dengan menempatkan pantat di atas kaki dan melakukan penekanan, kaki menjadi lebih kuat, darah yang dipompa pun menjadi lebih maksimal.

5. Gerakan salam

Gerakan sholat ternyata baik untuk kesehatan tubuh

Gerakan yang terakhir adalah gerakan salam. Dengan menoleh ke kanan dan kiri, leher kamu akan terlatih menjadi lebih kencang, peredaran di area sekitar leher pun menjadi lebih lancar.

Makanya, kamu yang muslim, rajin-rajin sholat ya guys.