Brilio.net - Alam Indonesia sangat luar biasa, garis pantai dan pegunungan serta kearifan lokal masyarakat serta budaya sudah kesohor di seluruh dunia. Tidak sedikit wisatawan luar negeri yang datang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Apakah kamu pernah mendengar tentang Subak? Jika kamu mendengar tentang Bali, tentunya pasti kalian berpikir tentang wisata pantai yang begitu terkenal seperti Kuta, Sanur dan sebagainya. Jarang yang mengenal tentang Subak.

Subak adalah sistem irigasi yang mengadaptasi konsep Tri Hita Kirana. Konsep tersebut mencakup keharmonisan manusia terhadap tiga hal: Tuhan, alam, dan sesama manusia. UNESCO pun mendaulatnya sebagai Situs Warisan Budaya Dunia pada 2012 lalu.

Tradisi Subak dapat dilihat wisatawan di 5 kabupaten di Bali. Salah satu lokasi paling terkenal adalah Jatiluwih, Kabupaten Tabanan. Dengan luas lebih dari 400 hektare, tempat ini menawarkan pemandangan sawah yang serba hijau.

Sistem Subak juga mengajak para petani untuk lebih dekat kepada Sang Pencipta. Hal ini dapat dilihat dari Pura Uluncarik atau Pura Bedugul yang khusus dibangun oleh para petani. Pura tersebut berada di sekitar persawahan sebagai tempat pemujaan untuk Dewi Sri atau simbol kesuburan.

Loading...

Nah, sudah tahu kan?