Brilio.net - Apa kamu suka melihat-lihat foto makanan di Instagram? Penelitian terbaru menemukan bahwa mengunggah atau 'mengonsumsi' terlalu banyak foto makanan dapat membuat makanan terasa tidak enak dimakan. Lho, kok?

Dikutip brilio.net dari laman Capital FM, Kamis (28/5), para peneliti dari Brigham Young University menemukan bahwa kebosanan sensorik dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Sebab, melihat foto makanan berlebihan dapat meningkatkan kekenyangan seseorang.

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Consumer Psychology, peneliti telah melibatkan 232 orang untuk melihat dan menilai foto makanan. Hasilnya, orang yang telah melihat foto makanan asin akhirnya tidak terlalu menikmati kacang yang disajikan. Efek ini terjadi ketika orang bersangkutan terlalu banyak melihat foto makanan.

Meskipun para peneliti membahas bahwa efeknya hanya ada saat kamu melihat sejumlah besar foto makanan, melihat beberapa foto makanan mungkin juga tidak akan membuat efek kenyang.

Solusinya, mulai sekarang hindarilah melihat foto atau justru banyak mengunggah makanan di Instagram dan nikmatilah makananmu. Namun sebaliknya, kalau kamu memang ingin menahan nafsu makan, perbanyak saja melihat unggahan foto makanan di Instagram.

Jadi bagaimana, guys? Pilihannya ada di tanganmu.

(brl/gib)