Brilio.net - Apple baru saja memperkenalkan IOS 9, sistem operasi terbaru untuk iPhone dan iPad pada Worldwide Developer Conference 2015 (WWDC 2015) yang katanya bakal bikin iPhone maupun iPad kamu jadi makin top.

Tapi bukannya dipuja-puji, upgrade fitur baru dalam IOS 9 ini malah mendapat banyak hujatan bahkan dianggap mengekor Android. Banyak netizen yang bilang bahwa fitur-fitur tersebut ternyata sudah ada di Android sejak tiga tahun yang lalu. Walah!

Dikutip brilio.net dari CNET, Selasa (9/6), berikut ini beberapa fitur IOS 9 yang 'dicuri' Apple dari Android.

1. Reminders

Siri yang di IOS 9 berganti nama menjadi Proactive diklaim akan semakin pintar. Bahkan asisten pribadi Apple ini mampu membaca undangan maupun agenda yang dikirim lewat dan secara otomatis memasukkan ke dalam kalender.

Loading...

Fitur ini menurut netizen dianggap sudah ketinggalan zaman karena sudah diadopsi Android sejak lama lewat Google Now. Pengguna IOS sendiri bahkan bisa menggunakan fitur ini dengan mendownload aplikasi Google Now dari App Store.

2. Peta

Kehadiran Apple Maps pada IOS 6 dulu menuai banyak cibiran karena sering membuat orang tersesat. Nah, di IOS 9 Apple membuat perubahan besar pada Apple Maps, salah satunya dengan memperkenalkan fitur Transit Direction.

Kelihatan keren? Ah nggak. Fitur ini sudah ada di Google Maps, bahkan hanya dengan beberapa klik, kamu sudah mendapat banyak informasi mulai dari rute, jenis kendaraan, waktu perjalanan, serta kondisi lalu lintas.

3. Multitasking

Update IOS 9 ini disebutkan memiliki fitur multitasking untuk lini iPad, sehingga pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Padahal di tablet Android, fitur ini bahkan sudah ada sejak tahun 2010 yang dimulai dari lini tablet maupun smartphone buatan Samsung, saingan terberat Apple. Basi!

4. Notes

Di IOS 9, Apple membuat aplikasi pencatat atau Notes menjadi lebih pintar dan gesit, dengan kemampuan untuk merekam suara sampai mengambil foto. Keren? Nggak tuh! Walaupun nggak terinstal secara langsung, kamu bisa mendownload aplikasi sejenis dari Google Play Store seperti Google Keep maupun aplikasi pihak ketiga, Evernote.

5. News

Nggak cuma hiburan, IOS 9 juga membawa fitur baru yang bisa memberikan berita terbaru kepada pengguna IOS langsung dari perangkatnya. Padahal aplikasi news aggregator ini sudah sejak lama terinstal di perangkat Android seperti Flipboard di Samsung ataupun HTC Blinkfeed di HTC. Lalu apanya yang baru, Apple?