Brilio.net - Sudah bertahun-tahun Finlandia bertengger di urutan atas sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik. Wajar saja bila negara ini sering dijadikan rujukan pendidikan di berbagai belahan dunia. Bahkan Inggris pun tidak mau kalah untuk mencontek sistem tersebut.

Jika ditilik lebih lanjut, reformasi pengajaran di Finlandia sangatlah sederhana. Para guru di sekolah tidak mengajarkan mata pelajaran. Melainkan mereka merangkumnya dalam sebuah topik.

Sebagai contoh, seorang guru mengajar tentang Uni Eropa sebagai intopiknya. Maka dalam kelas tersebut juga dibahas tentang sejarah, ekonomi, bahasa, budaya, dan geografi. Sehingga siswa tidak merasa muridnya sedang belajar ilmu lainnya.

Tidak seperti di Indonesia yang masih memberikan mata pelajaran dalam jam tertentu. Misalnya, dari jam 7-9 mempelajari Matematika dan siangnya diganti dengan pelajaran Fisika.

Sebagai praktisi pendidikan Helsinki, Marjo Kyllonen mengatakan "Kami perlu merombak pendidikan demi menyiapkan anak-anak di masa depan," katanya seperti dikutip brilio.net dari indpendent.co.uk, Minggu (22/3).

Akan tetapi, reformasi ini ditentang oleh banyak guru. Para tenaga pendidik ini merasa kesulitan dengan hal tersebut karena sudah terbiasa dengan sistem lama.

Untuk mengatasi kesulitan para guru, praktisi pendidikan lain seperti Pasi Silander mengungkapkan bahwa 70% guru sekolah menengah di Finlandia sudah dibekali training dengan metode tersebut.