Brilio.net - Menjalani hubungan dengan pasangan memang tidaklah mudah. Banyak drama dan juga rentetan konflik yang harus diselesaikan. Selain itu, semua permasalahan juga harus diselesaikan bersama, bukan perseorangan saja. Jika kamu sedang mengalami konflik yang begitu panas dalam hubunganmu, cobalah nonton film bertema cinta bersama pasangan.

Berdasarkan sebuah penelitian, film yang berbau cinta mampu meningkatkan hubungan asmara dalam dunia nyata, dikutip brilio.net dari Journal of Consulting and Clinical Psychology, Minggu (17/5). Selain itu, film dengan tema ini juga berfungsi sebagai terapi dalam mengatasi permasalahan dalam hubungan percintaan.

Untuk membuktikannya, riset ini melibatkan 174 pasangan yang sudah menikah. Kelompok penelitian ini terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah kelompok yang terdiri pasangan yang memilih film sebagai terapi. Sedangkan, kelompok kedua adalah kelompok netral atau kontroler.

Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat perceraian pada kelompok pertama hanya setinggi 11%. Hal ini sangat berbeda dengan kelompok kedua yang mencapai angka 24%.

Ronald D Rogge, ketua tim, mengungkapkan bahwa film merupakan cara yang efektif untuk pasangan dalam memulai percakapan. Bahkan, menonton film hasilnya sama dengan terapi CARE dan juga PREP. Terapi CARE leboh memfokuskan pada konseling tentang empati dan rasa menerima kepada pasangan. Sedangkan PREP lebih dikhususkan pada topik berkomunikasi antara pasangan dalam menyelesaikan konflik.

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu sering mengajak pacar kamu ke bioskop untuk ngedate. Selain bisa menghabiskan waktu bersamanya, hal ini juga bisa membuat hubungan kamu makin lancar. Tapi inget, filmnya harus berbau percintaan.