Brilio.net - Zaman sekarang banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan tidak harus pergi ke kantor. Pekerja lepas atau freelance misalnya. Kamu cukup mengerjakan pekerjaan dari rumah. Kemudian hasil pekerjaanmu dikirim ke perusahaan via email. Selama ada sambungan internet tentu ini mudah bukan?

Tapi, tipikal pekerjaan seperti itu juga memiliki plus dan minus. Berikut ini brilio.net merangkum dari laman Lifehack, Kamis (8/10) kelebihan dan kekurangan yang didapat dari bekerja di rumah.

1. Waktu kerja yang fleksibel

Kamu tidak lagi harus memasang alarm pukul 05.00 pagi agar tidak terlambat sampai ke kantor. Dengan bekerja di rumah kamu bebas mengatur jadwal kerjamu. Tentunya juga kamu tidak mesti bekerja 8-9 jam per hari seperti yang dialami orang-orang kantoran.

2. Punya waktu lebih untuk sarapan

Loading...

Jika kebanyakan pekerja kantoran tergesa-gesa di pagi hari sehingga tidak bisa menikmati sarapan dengan tenang, kamu yang bekerja di rumah justru sebaliknya. Tiap pagi setelah bangun tidur kamu bisa masak sarapanmu sendiri dan memiliki waktu sarapan yang panjang sebelum kamu siap untuk mulai bekerja.

3. Bekerja bisa sambil olahraga

Bekerja kadang juga menyita waktu olahraga seseorang. Lelah bekerja seharian membuat orang jadi malas berolahraga. Sedangkan kamu yang bekerja dari rumah bebas melakukannya. Sebelum kerja kamu punya banyak waktu untuk berolahraga, atau beli saja alat fitnes yang kamu inginkan di rumah.

4. Menghemat uang

Poin penting yang bisa kamu dapat dari bekerja dari rumah adalah masalah penghematan. Kamu nggak harus keluar uang transport ataupun makan. Nah, beda lagi dengan yang memiliki bisnis sendiri. Dengan menjalankan bisnismu dari rumah, kamu nggak harus keluar biaya untuk menyewa ruko atau kantor.

5. Lingkungan rumah yang nyaman

Bekerja di rumah sendiri, kamu bebas menciptakan suasana kerja yang kamu inginkan. Kenyamanan bisa kamu ciptakan dan nikmati sendiri tanpa terganggu orang lain.

6. Bebas dari macet dan hiruk pikuk jam kantor lainnya

Jika kebanyakan orang harus bermacet-macetan saat pergi dan pulang kantor, kamu tidak akan mengalami hari itu.

7. Bebas berpakaian

Bekerja dari rumah membuatmu tak terikat dengan aturan busana kantor. Hanya memakai daster bagi perempuan atau sarung bagi laki-laki, kamu sudah bisa melakukan pekerjaanmu.

Nah, selain manfaat-manfaat di atas ternyata bekerja dari rumah juga memiliki kekurangan dan dampak negatif bagi diri kamu lho, apa sih?

1. Tidak memiliki rekan kerja

Jika kamu bekerja sendiri, tentu saja kamu tidak akan mendapat rekan kerja seperti jika kamu bekerja di kantor. Kamu akan melakukan pekerjaan itu sendiri, hanya di depan laptop atau PC.

2. Jarang melakukan interaksi dengan orang lain

Sebagai makhluk sosial, interaksi dengan sesama sangat penting bagi manusia. Dengan bekerja di rumah secara tidak langsung juga, kamu mengisolasi diri kamu dari dunia luar. Ini juga nggak baik lho bagi kesehatan mental dan fisik kamu.

3. Tingkat stres yang tinggi

Tidak ada teman diskusi dan sendiri membuat kamu menyimpan semua masalah pekerjaanmu sendiri. akibatnya ini akan membuat tingkat stres yang lebih tinggi dalam diri kamu.

4. Tenaga lebih terforsir

Nah, meskipun tidak terikat dengan jam kerja, namun berada di rumah membiarkan kamu bekerja kapan saja. Hal ini malah membuat ritme kerja yang tidak teratur dan juga bisa menyebabkan tenaga menjadi lebih terforsir.

Jadi gimana guys, pilih kerja kantoran atau bekerja di rumah?