Brilio.net - Setiap orang berpikir bahwa mereka mengetahui bagaimana harus berjalan. Tapi ternyata ada saran yang nggak banget untuk mereka yang berjalan kaki (dalam hal ini berjalan kaki sebagai olahraga).


Apa saja itu? Berikut informasinya, seperti yang dikutip brilio.net dari walking.about.com, Jumat (10/4).

1. Minum, minum, dan minum
Bagi kamu yang suka lari bahkan atlet maraton, kamu nggak disarankan minum dalam setiap kesempatan. Kamu justru dibiarkan haus dan minum jika sudah sesuai waktunya.

Mengapa? Sebab jika terlalu banyak minum air selama aktivitas berlari (atau bahkan berjalan santai), akan menyebabkan hiponatremia (kondisi natrium darah yang rendah). Kalau sampai ini terjadi, kamu bisa kehilangan kesadaran. Jika hiponatremia semakin parah, bisa berisiko koma bahkan kematian.

2. Kamu nggak perlu minuman olahraga
Banyak pejalan kaki menghindari minuman olahraga karena berbagai alasan. Sebut saja karena mereka nggak suka rasanya atau ingin mengurangi kalori. Padahal, minuman olahraga mengandung garam dan gula yang diperlukan tubuh ketika kita berjalan selama lebih dari satu jam, terutama dalam cuaca yang panas dan bikin berkeringat.

Bahan-bahan dalam minuman tersebut juga membantu tubuh menyerap air lebih cepat sehingga mencegah terjadinya dehidrasi (gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh).

Marathon Medical Directors Association menyarankan supaya kita menggunakan minuman olahraga setelah 30 menit kita olahraga.


3. Kamu nggak perlu makan sebelum berjalan kaki
Beberapa orang meyakini bahwa ketika perut kita kosong, maka akan semakin bagus untuk membakar kalori atau lemak. Tapi seringkali, kita jadi nggak bisa olahraga secara maksimal karena energi kita belum terisi.

Berolahraga berat atau berjalan kaki santai tanpa sarapan atau makan sebelumnya, akan mengganggu kadar gula darah dalam tubuh. Bisa-bisa kita pingsan duluan sebelum olahraga. Maka dari itu, makan saja seperlunya sebelum melakukan olahraga, baik jogging, jalan santai, atau olahraga berat.

4. Kamu nggak perlu pemanasan
Ternyata, kalau kamu mau jogging pun perlu pemanasan terlebih dahulu. Fungsinya sebagai uji coba supaya kamu tahu sejauh apa kemampuan kamu sebenarnya untuk jogging atau jalan santai.

Hal ini juga mencegah terjadinya cedera-cedera yang mungkin terjadi selama aktivitas jalan sehat atau joggingmu itu. Jadi, jangan terburu nafsu ingin sehat eh, justru kamu sakit duluan.

Well, guys, selalu perhatikan aturan tak tertulis selama berolahraga jalan kaki, ya. Biar kamu tetap selalu sehat dan semangat.