Brilio.net - Tahu dan tempe bak pasangan yang susah dipisahkan. Mereka terlahir 'berjodoh' dalam menu makanan di keseharian kita.

Banyak tempat makan yang selalu menjadikan kedua makanan ini tidak luput dari daftar menu mereka. Yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa tahu dan tempe selalu hadir bersama dalam menu makanan?

Berikut adalah alasan kenapa tahu dan tempe selalu bersama dalam menu makanan dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.

1. Bahan yang sama

Kenapa tahu dan tempe selalu hadir dalam satu piring? Jawaban sederhananya adalah karena asal mereka sama. Tahu dan tempe sama-sama terbuat dari kacang kedelai. Asal mereka yang sama membuat tahu dan tempe menjadi olahan yang sama. Itulah kenapa kedua lauk ini selalu disajikan secara bersamaan.

Loading...

2. Sudah dipertemukan sebelum kemerdekaan Indonesia

Kedekatan antara tahu dan tempe memang sudah dijalin sejak lama, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Berdasarkan penuturan sejarawan, Ong Hok Ham, produksi tahu di Indonesia dihubungkan dengan kemunculan tempe.

Tahu diperkenalkan oleh bangsa Tiongkok di Indonesia sejak abad ke-17. Sedangkan tempe merupakan produk resmi orang Jawa karena produksi tahu di Indonesia.

3. Tahu dan tempe sama-sama menjadi makanan di tengah krisis melanda

Kepadatan penduduk di Tiongkok mengakibatkan lahan untuk hewan semakin berkurang. Sebagai solusinya, tahu dijadikan menu alternatif bagi mereka. Hal ini juga sama dengan keadaan di Jawa.

Pertumbuhan penduduk yang pesat membuat orang beralih ke tempe dibandingkan dengan olahan hewani. Fakta sejarah inilah yang membuat tempe dan tahu semakin bersatu.

4. Sama-sama bergizi

Kedua makanan ini sama-sama memiliki kandungan gizi yang sangat bagus. Meskipun tempe merupakan produk dari fermentasi sedangkan tahu tidak, mereka sama-sama mempunyai kandungan protein yang tinggi. Kualitas nutrisi merekalah yang akhirnya membuat mereka sering bersama.

5. Sudah dipertemukan sebelum dimasak

Ikatan antara tempe dan tahu memang luar biasa. Jika kamu sering menemui di pasaran. Penjual tempe juga sekaligus menjual tahu. Sejak belum dimasak saja mereka selalu dipertemukan. Wajar saja jika tahu dan tempe disajikan secara bersasmaan.

6. Sama-sama gampang diolah

Tahu dan tempe sangat gampang diolah. Bahkan mereka juga dijadikan dalam olahan yang sama. Sebagai contohnya dibacem. Tahu dan tempe juga bisa digoreng. Kemudian kedua makanan ini juga bisa dijadikan sambal.