Brilio.net - Sekalipun rasanya asam, buah tropis satu ini memiliki beragam manfaat kesehatan, lho. Mau tahu apa saja? Dilansir brilio.net dari StyleCraze, Minggu (27/9), berikut 14 khasiat kesehatan buah yang disebut pula dengan tamarin ini.

1. Diare

Di balik rasa kecut, buah asam menyimpan 14 khasiat lho

Bagian luar buah asam berwarna cokelat kemerahan itu bisa menyembuhkan diare dan disentri secara efektif, lho.

2. Kosmetik

Loading...

Ekstrak buah asam mengandung xyloglycans, yang digunakan dalam banyak kosmetik dan produk farmasi. Ekstrak buah berkulit cokelat ini juga digunakan untuk mengobati ruam kulit ringan.

3. Arthritis

Buah asam juga bersifat anti-inflmasi sehingga meringankan nyeri sendi pada penderita arthritis. Mengonsumsi 1/2 sendok teh bubuk biji asam panggang sebanyak dua kali sehari dengan air, bisa meningkatkan pelumasan sendi yang menenangkan rasa sakit.

4. Gigi

Di balik rasa kecut, buah asam menyimpan 14 khasiat lho

Kamu yang memiliki gigi kurang kuat, bisa menggosokkan bubuk biji asam pada gusi dan gigi. Cara ini juga bermanfaat bagi perokok berat dengan kandungan nikotin atau tartar berat dan plak yang disebabkan kurangnya kebersihan gigi dan mulut. Berlaku juga untuk kamu yang suka banget minum-minuman ringan bersoda, teh, dan kopi.

5. Gangguan pencernaan

Air biji asam adalah obat alami untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan meningkatkan produksi empedu. Bahan ini bisa menjadi serat makanan yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu juga membantu pencernaan sehingga mudah buang air besar.

6. Sistem imun

Biji asam mengandung imunitas yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga kebal terhadap penyakit.

7. Kanker

Karena sifatnya yang antioksidan, asam juga bisa melindungi kamu dari gangguan kesehatan, termasuk kanker usus besar.

8. Antibakteri

Di balik rasa kecut, buah asam menyimpan 14 khasiat lho

Biji asam ampuh juga menangkis bakteri penyebab sakit seperti Typhus dan Staphylococcus. Selain itu, biji asam juga melindungi kamu dari bakteri yang menyebabkan infeksi kulit serta infeksi saluran usus dan kencing.

9. Batuk, amandel, infeksi tenggorokan

Air biji asam bisa menjadi pencuci mulut yang baik. Berkumurlah dengan air biji asam untuk meringankan nyeri tenggorokan. Kalau kamu mencampur biji asam dengan beberapa jahe dan kayu manis, kamu bisa mengobati amandel, faringitis, batuk, dan infeksi tenggorokan lainnya.

10. Diabetes

Biji asam dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, bijinya bisa melindungi kesehatan pankreas, yang meningkatkan ukuran sel yang memproduksi insulin.

11. Jantung

Kandungan kalium di biji asam cukup besar sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hipertensi dan menjaga kesehatan jantung seseorang.

12. Fraktur

Kalau ada korban patah tulang, salah satu pertolongan alami yang bisa diberikan adalah pengolesan pasta biji asam.

13. Obat tetes mata

Di balik rasa kecut, buah asam menyimpan 14 khasiat lho

Ekstrak air biji asam bisa bermanfaat melembapkan mata, termasuk bisa menyembuhkan konjungtivitis (peradangan selaput yang meliputi bagian depan mata atau konjungtiva dan menyebabkan mata berwarna kemerahan). Biji asam mengandung polisakarida yang memiliki sifat perekat menempel pada permukaan mata.

14. Kesehatan kulit

Ekstrak biji asam bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, memberi hidrasi kulit, dan membuat kulit halus. Hal ini disebabkan asam mengandung asam hyaluronic yang membantu dalam menghaluskan kulit dan menghilangkan kerutan.

Nah, apakah kamu masih ragu mengonsumsi buah asam?