Brilio.net - Jantung itu salah satu organ paling vital bagi hidup seorang manusia. Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa manusia nggak bisa hidup tanpa jantung. Kalau jantungnya nggak berfungsi, ya mati.

Tapi anggapan tanpa jantung nggak ada kehidupan, tidak 100 persen benar lho. Baru-baru ini, para peneliti dari University of Michigan Health System, menciptakan sebuah alat yang disebut Syncardia Portable. Alat ini punya fungsi yang sama persis dengan jantung manusia. Beratnya pun juga hanya enam kilogram, dan bisa berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, seperti dilansir brilio.net dari medicaldaily.com, Sabtu (18/4).

Dengan alat ini, manusia bisa tetap hidup tanpa jantung

Orang pertama yang bisa merasakan manfaat Syncardia adalah seorang pemuda asal Michigan, Stan Larkin. Larkin adalah seorang cowok yang mengidap displasia ventrikel kanan. Dokter pun harus melakukan tindakan darurat dengan mengambil jantungnya dan mengganti dengan Syncardia.

Tapi, biarpun terlihat segar bugar dengan bantuan jantung buatan ini, Larkin mengatakan akan tetap menunggu ketersediaan donor jantung. Menurutnya, sebaik apapun alat ini, akan lebih baik jika ia benar-benar "menggunakan" jantung asli.

Syncardia bisa dibilang masterpeace dalam dunia kedokteran dan dipercaya menjadi solusi ampuh bagi orang-orang yang bermasalah dengan jantungnya. Tapi untuk bisa menanam alat ini ke dalam tubuh, akan sangat memakan biaya yang besar. Makanya, jaga jantung baik-baik, guys!

(brl/pep)