Brilio.net - Jantung merupakan organ vital yang bisa disebut pekerja keras. Saat kamu terlelap, dia tetap berdetak. Nggak ada habisnya dia 'bekerja' untukmu. Nah, maka dari itu kamu harus mencintai jantung. Pasalnya, penyakit jantung membunuh lebih banyak perempuan muda daripada kanker payudara. Tapi kamu nggak perlu khawatir,  kamu tetap bisa menjaga kesehatan jantungmu.

Mau tahu caranya? Dilansir brilio.net dari GLAMOUR, Jumat (27/11), berikut delapan cara biar jantungmu sehat, berlaku bagi cewek dan cowok:

1. Olahraga sampai berkeringat

foto: giphy.com

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, olahraga juga membantu jantungmu agar lebih efisien dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu olahraga juga dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Olahraga tersebut bisa bersepeda, hiking, atau berjalan cepat. Lakukan setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung setiap waktu.

2. Batasi konsumsi gula

foto: giphy.com

Terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko serangan jantung, atau setidaknya kelebihan berat badan. Tracy Parker, ahli kesehatan jantung di British Heart Foundation menyarankan untuk mengganti minuman manis dengan air mineral bebas gula. Jangan makan biskuit, melainkan ngemil saja kacang atau pop corn tawar.

3. Tinggalkan rokok

foto: giphy.com

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Perokok hampir dua kali lebih mungkin menderita serangan jantung dibandingkan non-perokok.

4. Jangan minum banyak alkohol

foto: giphy.com

Menenggak terlalu banyak minuman keras dapat menyebabkan irama jantungmu abnormal, tekanan darah tinggi, dan stroke. Mungkin kamu masih bisa meminum minuman beralkohol, tapi pastikan kamu mengontrolnya dengan baik biar nggak membahayakan jantungmu.

5. Menenangkan pikiran

foto: giphy.com

Stres dapat meningkatkan denyut jantungmu. Tingginya kadar hormon stres, kortisol, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan bahkan bisa merusak lapisan arteri, sehingga sulit bagi darah untuk memberikan nutrisi ke organ-organ tubuhmu. Maka dari itu, perlu bagi kamu untuk santai atau relaksasi. Misalnya saja mendengarkan lagu yang menenangkan pikiran, piknik, nonton film, dan segala macam aktivitas yang bisa menurunkan stresmu.

6. Jauhi makanan berlemak

foto: flickr.com/photos/simplekitchen

Makanan dengan lemak jenuh terlalu banyak dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Mengurangi asupan makanan tinggi lemak dapat menyehatkan jantungmu. Misalnya ganti segala macam makanan yang digoreng dengan makanan yang dikukus, memperbanyak buah yang kaya nutrisi dan antioksidan, dan cukup air putih berkualitas, bisa menyehatkan jantungmu.

7. Mengurangi konsumsi garam

foto: drlinskincare.com

Kamu pasti pernah mendengar pernyataan garam bisa memicu tekanan darah tinggi. Kurangi campuran garam pada makananmu. Periksa juga label nutrisi dari makanan dalam kemasan yang kamu beli. Jangan mengonsumsi gula lebih dari 6 (enam) gram per hari. Sebagai informasi konsumsi lebih dari 1,5 gram garam pada setiap 100 gram makanan sudah termasuk kadar garam tinggi. Kalau kamu mengganti garam untuk makanan supaya tetap terasa kamu bisa tambahkan lada, rempah-rempah, atau lemon. Kamu bisa baca di sini

8. Cek riwayat keluargamu

foto: familysearch.org

Jika penyakit kardiovaskular ada di dalam riwayat keluargamu, artinya kamu harus rajin kontrol ke dokter langganan. Tujuannya untuk mengecek tekanan darah dan kolesterol. Perhatikan juga pola hidupmu menjadi pola hidup yang sehat supaya jantungmu tetap terjaga.

Well, guys, jangan main-main sama jantungmu. Kesehatanmu, lho!

(brl/ani)

(brl/ani)