Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal sama yang namanya sampo? Sampo selalu dipakai semua orang bahkan hampir setiap hari. Nggak peduli cowok atau cewek, pasti pakai sampo untuk membersihkan rambut setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Dalam setiap pembuatan sampo, pasti dong mengandung bahan-bahan kimia, either it's good or bad for our healthy. Tapi ada beberapa bahan yang benar-benar bahaya jika kita pakai secara terus-menerus apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Yuk, cek lagi sampo kita, siapa tahu mengandung 5 bahan berbahaya ini, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (24/3):

1. Sulfat
Sulfat adalah musuh besar rambut kita. Sulfat sendiri ada yang berbentuk sodium lauryl sulfate dan juga sodium laureth sulfate. Kedua jenis sulfat ini sama-sama bisa merampas kelembaban alami rambut kita lho. Makanya setelah kamu menggunakan sampo antiketombe berbahan sulfat, rambut kamu pasti bisa kering.

2. Alkohol
Sama seperti sulfat, alkohol bisa bikin rambut kita kering. Tapi sepertinya semua sampo yang beredar di pasaran mengandung alkohol. Solusinya, carilah sampo yang kandungan alkoholnya paling sedikit.

3. Formalin
Ini nih yang berbahaya, dan sayangnya beberapa sampo masih menggunakan formalin sebagai bahan pembuatannya. Ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan rambut, apalagi kalau dipakai berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama. Waduh!

4. PEGS
PEGS atau Polyethelyne atau sering juga disebut Polyoxyethelyne adalah bahan yang terkandung dalam sampo yang mempunyai fungsi untuk menebalkan dan memberi volume pada rambut kamu. Tapi ini juga salah satu bahan berbahaya yang akan "mencuri" nutrisi rambut kamu.

5. Keratin hewan
Keratin memang penting banget buat rambut, tapi beberapa produk sampo mengganti kadungan keratinnya dengan menggunakan keratin hewan yang jelas-jelas efeknya berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan rambut.