Brilio.net - Menu daging adalah salah satu menu pilihan masakan sehari-hari yang harus diolah dulu sebelum dikonsumsi seperti daging sapi dan kambing. Untuk mendapatkan daging yang empuk, biasanya daging harus direbus dalam waktu lama atau dipotong kecil-kecil.

Tapi ternyata cara ini bisa mengurangi kelembutan tekstur dan bikin jadi nggak gurih karena jus-nya banyak yang hilang saat direbus. Nah, ada cara tradisional nih yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan mungkin pernah kamu dengar untuk mengempukkan daging, yaitu dengan menggunakan nanas. Kenapa kok harus pakai nanas?

Nanas mengandung enzim bromelin yang cara kerjanya sama dengan enzim papain. Enzim bromelin ini bisa menguraikan serat-serat daging sehingga jadi lebih empuk saat diolah. Aroma asam nanas juga membantu meredam aroma amis pada daging.

Dikutip brilio.net dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, Selasa (26/5), ketika nanas digunakan beberapa saat sebelum memasak steak, daging yang dihasilkan akan lebih empuk dan mudah dikunyah.

Caranya juga terbilang mudah, cuci bersih daging setelah dibeli dari pasar atau supermarket di bawah air yang mengalir. Lumuri sambil remas-remas daging dengan nanas yang sudah diblender. Diamkan minimal 30 menit sebelum dimasak. Dan, saatnya sekarang kamu bisa memasak daging dengan proses yang lebih cepat kan? Selamat mencoba, ya!

Loading...