Brilio.net - Sakit kepala bisa menyerang siapa saja. Penyebab umum sakit kepala bisa karena stres, ketegangan, kegelisahan, masalah sinus, kurang tidur, atau dehidrasi.

Banyak orang yang langsung meminum obat-obatan untuk menyingkirkan sakit kepala. Padahal, banyak bahan makanan di rumah bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Apa saja itu?

Berikut dikutip brilio.net dari top10homeremedies.com, Senin (4/5), bahan makanan alami dan murah yang bisa membantumu mengatasi sakit kepala.

1. Air

Kalau sakit kepala dikarenakan dehidrasi, kamu cukup minum segelas air. Lanjutkan rutin minum air sepanjang hari itu, tentu saja hari-hari lain supaya dehidrasi tidak terulang.

Loading...

Kamu juga bisa minum minuman olahraga yang mengandung elektrolit. Elektrolit ini akan mengobati sakit kepala yang disebabkan ketegangan dan dehidrasi. Dan ingatlah, ketika sakit kepala hindari minuman beralkohol yang dapat mengeringkan tubuhmu.

2. Es batu

Ketika sakit kepala, kamu bisa mengompresnya dengan es batu yang sudah dibungkus kain handuk tipis. Kompres ini akan meredakan rasa sakit, membantu mengecilkan pembuluh darah, dan meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Cara ini efektif untuk kamu yang sakit kepala karena stres atau sinus. Lakukan selama 10 (sepuluh) menit atau bisa ulangi proses tersebut sampai merasa sudah mendingan.

3. Air panas

Meletakkan kompres air panas di bagian belakang leher bisa meredakan sakit kepala yang disebabkan stres. Sensasi panas dapat melemaskan otot-otot yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit berdenyut-denyut.

Kamu juga bisa mandi air panas dengan mengalirkan air ke bagian belakang leher. Atau, kamu bisa mengisi bak mandi dengan air panas dan letakkan tanganmu selama 10-15 menit di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan sakit kepala.

Kalau kamu menderita sakit kepala kronis, kamu hanya perlu mencelupkan kaki ke dalam ember berisi air panas selama 10 menit sebelum tidur.

4. Lemon

Lemon sangat efektif untuk mengatasi sakit kepala karena bersifat menyegarkan dan membuat santai. Sekaligus dia bisa menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh.

Kamu bisa minum air hangat bercampur perasaan satu setengah lemon untuk mengurangi rasa sakit kepala. Hal ini efektif untuk sakit kepala yang disebabkan gas di dalam perut.

Selain itu, kamu bisa mengubah remah-remah kulit lemon menjadi pasta dengan cara ditumbuk. Lantas, kamu oleskan di dahimu untuk bisa meredakan sakit kepala.

5. Apel

Baik dalam bentuk buah maupun sari cuka apel, sama-sama dapat melawan sakit kepala. Apel dapat mengembalikan keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Selain itu, bau apel hijau dapat membantu mengurangi sakit kepala migrain.

Ketika kamu bangun pagi hari dengan sakit kepala, makanlah sepotong apel yang sudah ditaburi garam. Lantas, minumlah air hangat. Atau, kamu bisa mengisi mangkuk besar dengan air panas dan tambahkan 3-4 sendok sari cuka apel. Nah, tahan handuk di atas kepalamu dan posisikan kepalamu di atas mangkuk dnegan air panas tadi dalam jarak beberapa sentimeter, supaya terkena uap air panas itu. Lakukan selama 10-15 menit.

Cara lainnya adalah kamu menambahkan 2 (dua) sendok teh sari cuka apel ke dalam satu gelas air. Kamu bisa menambahkan sedikit madu dan jus lemon. Kamu bisa meminum ramuan ini untuk 2-3 hari sekali.

6. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan) yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Selain itu juga bisa membantu mengendurkan pembuluh darah di kepala, mengurangi pembengkakan di otak dan mengaktifkan opiat alami di otak yang dapat mengurangi rasa sakit.

Kamu cukup minum wedang jahe sebanyak tiga kali sehari untuk mengurangi peradangan dalam tubuh dan sakit kepala. Secepat kamu minum wedang jahe ketika merasa sakit kepala, secepat itu pula sakit kepala segera enyah.

7. Kayu manis

Ketika kamu sakit kepala karena paparan udara dingin, kamu bisa meminum ramuan kayu manis. Cukup haluskan kayu manis, tambahkan air sedikit sampai dia berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada dahi dan biarkan selama 30 menit. Usai itu cucinya dengan air hangat.

Nah, kamu bisa menerapkannya di rumah sebagai pertolongan pertama. Kalau sudah terlalu parah dan terus berulang, periksalah ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Selamat mencoba bagi yang mengalami sakit kepala, dan selalu jaga kesehatan ya, guys.