Brilio.net - Demam adalah penyakit merakyat, mau si kaya atau si miskin, anak-anak sampai orang dewasa, semua bisa mengalaminya. Dalam mengatasi demam seharusnya dilakukan dengan cara bijak dan jangan larut dengan kepanikan lantas memberikan obat demam sembarangan yang biasa memiliki efek samping pada tubuh. Sebaiknya, cobalah beberapa cara alami untuk menyembuhkan demam ringan yang sedang dirasakan.

Berikut ini beberapa cara mudah dan alami yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasi demam, seperti yang dilansir brilio.net dari MagForWomen, Rabu (20/5).

1. Kemangi dan mimba

Kamu bisa membuat ramuan dau kemangi dengan daun mimba untuk diminum dua sampai tiga kali dalam sehari. Caranya, rebus 5-6 daun kemangi bersama dengan 3-4 daun mimba. Biarkan mendidih selama 10-15 menit, saring untuk mengambil air hasil rebusan saja dan membuang ampasnya. Ramuan ini dapat mengurangi suhu tubuh dan menyembuhkan demam ringan.

2. Bawang putih dan minyak zaitun

Loading...

Bawang putih selain dapat digunakan untuk bumbu masak merupakan obat alami yang sangat baik untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi, caranya hancurkan bawang putih lalu campurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan di telapak kaki sampai merata lalu gunakan ramuan ini untuk memijat bagian tubuh yang sakit dan tutupilah dengan kain hangat. Selain membantu untuk menurunkan suhu tinggi tubuh, obat alami ini juga efektif untuk mengobati flu dan demam.

3. Air es

Cara termudah dan paling umum dilakukan untuk menurunkan suhu di kepala adalah dengan metode kompres air es. Dalam mangkuk yang berisi air, campurkan air dan es batu lalu kompres di dahi dengan handuk atau kain katun. Ulangi proses ini hingga sepuluh kali. Metode ini membantu mengurangi demam tinggi dan infeksi flu dalam tubuh.

4. Jus apel dan kismis

Ini mungkin terdengar nggak biasa buat kamu, tapi ternyata apel dan kismis yang direbus dapat membantu turunkan demam. Cukup rebus beberapa kismis dalam air selama sekitar 20 menit. Saring air rebusan dan minum sarinya dengan menambahkan dua sendok jus apel dalam tiga kali sehari. Obat ini dapat membantu untuk menurunkan suhu tubuh sehingga menyembuhkan demam ringan yang sedang kamu alami.

5. Akar Angelica

Pernah nggak mendengar tentang ramuan akar Angelica? Ramuan populer ini efektif untuk mengurangi demam ringan sampai tinggi yang disebabkan oleh infeksi di dalam tubuh. Caranya mudah, cukup rebus beberapa potong akar yang dicincang halus dengan air panas sampai mendidih. Setelah direbus, saring dan biarkan ramuan menjadi dingin sebelum diminum. Agar ramuan terasa manis. tambahkan sedikti madu.

6. Teh herbal

Teh herbal juga efektif untuk menyembuhkan infeksi dalam tubuh, misalnya teh hijau atau teh serai untuk menurunkan demam. Begitu juga teh peppermint dan teh sage juga memiliki antioksidan yang membantu untuk melawan flu dan demam.

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti bakteri, yang membantu untuk menurunkan demam ringan dalam tubuh. Gunakan 3-4 sendok teh cuka sari apel dalam air hangat lalu kompres dahi dengan kain. Ini akan membantu untuk menurunkan suhu tinggi tubuh.

8. Lemon dan madu

Minuman yang paling tepat dinikamti ketika demam adalah jus lemon madu. Jus lemon dapat membantu untuk melawan infeksi apapun karena kaya akan antioksidan tinggi dan vitamin C. Ambil segelas air hangat dan tambahkan sedikit jus lemon di dalamnya. Lalu tambahkan satu sendok madu. Dengan minum ramuan ini setidaknya 4 kali dalam sehari dapat untuk menyembuhkan demam dan infeksi flu dari tubuh.