Brilio.net - Migrain atau sakit kepala sebelah nggak hanya menganggu aktivitas, tapi bisa mengurangi tingkat produktivitas sehingga penderita jadi nggak bisa melakukan pekerjaan secara optimal. Rasa nyeri yang konstan karena gangguan neurologis ini biasanya disertai dengan mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya dan suara, bahkan bau-bauan.

Serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Apalagi kalau seseorang sedang resah atau banyak pikiran, sehingga kurang tidur dan kelelahan, bisa membuat penderita migrain mengalami kekambuhan. Nah, untuk menangkis migrain kamu bisa lakukan sendiri lho di rumah, seperti yang dilansir brilio.net dari Times of India, Selasa (19/5).

1. Kompres kepala dengan es
Kalau kamu sulit untuk menanggung sakit kepala yang tak tertahankan, kamu bisa mengompres kepala dengan es. Menempatkan es di atas kepala yang sudah dibungkus kantong plastik dapat meredakan rasa sakit, karena es memiliki sifat anti inflamasi.

2. Mengonsumsi vitamin B2
Menurut ahli gizi dan diabetes, Dr Sunita Pathania, dengan mengonsumsi setidaknya 400 mg Vitamin B2 membantu mengurangi gejala migrain secara signifikan. Sumber terbaik vitamin B2 adalah ayam, ikan, telur, kacang-kacangan (seperti kacang polong dan lentil), susu, produk susu seperti yoghurt dan keju, sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli dan asparagus dan sereal juga menyediakan sejumlah besar riboflavin yang bagus untuk diet.

3. Mencoba teknik relaksasi
Stres merupakan salah satu pemicu utama migrain, maka cara mengatasi paling mudah adalah dengan mengistirahatkan pikiran dari urusan apapun. Cobalah beberapa teknik relaksasi seperti memijat kepala, Tai-chi, yoga atau mediasi. Semua teknik relaksasi ini membantu untuk meringkankan leher dan bahu kejang, meningkatkan kesadaran tubuh, yang membantu untuk mendeteksi dan mengobati sakit kepala serta meningkakan fokus.

4. Pengobatan herbal
Secangkir teh hangat herbal dibuat dengan peppermint atau lemon akan meringankan sakit kepala, terutama yang melibatkan mual. Teh yang terbuat dari daun oregano segar atau jahe juga membantu meredakan saraf sakit kepala. Di dalam jahe terdapat kandungan anti inflamasi yang dapat membantu menghambat sintesis prostaglandin atau senyawa kimia yang dapat memicu terjadinya migrain.

5. Akupuntur
Akupunktur lebih efektif dibandingkan obat dalam mengurangi penderitaan migrain. Terapi akupunktur dapat meredakan migren dengan melepaskan penyumbatan energi dalam tubuh dan melancarkan kembali aliran darah, mengendurkan kembali pembuluh darah kecil yang menegang dan menjadi penyebab terjadinya migrain. Namun, manfaatnya baru bisa terjamin dan terasa dalam waktu yang lama.