Brilio.net - Hidup hemat dan bisa menyisakan uang untuk menabung memang menjadi cita-cita banyak orang.  Sayangnya keinginan baik tersebut sering lewat begitu saja karena kontrol keuangan yang kurang baik.

Kini ada cara unik yang bisa dicoba untuk menyisakan uang, cara ini disebut dengan tabungan berdasarkan tanggalan. Menabung berdasarkan tanggalan ini dilakukan dengan cara menyisihkan uang jajan setelah anggaran untuk kebutuhan utama sudah dipenuhi. Dengan cara ini penabung pada setiap akhir bulan bisa memanen hasilnya untuk disemai kembali.

Metodenya menabung berdasarkan tanggal ini cukup simple yaitu dengan memasukkan uang dalam celengan atau toples yang sudah ditempel kalender dari tanggal 1 sampai 30 atau 31. Adapun uang yang ditabung disesuaikan jumlahnya dengan tanggal pemasukannya. Artinya uang yang dimasukkan ke dalam celengan harus rutin setiap hari.

Sebut saja semisalkan hari ini tanggal 1 maka uang yang ditabung Rp 1.000. Adapun besok saat tanggal 2 ditabung Rp 2.000, besoknya lagi tanggal 3 ditabung Rp 3.000 begitu seterusnya sampai di akhir bulan. Setelah nanti sudah akhir bulan, uang yang sudah terkumpul dalam toples atau celengan diambil lalu digulung, dan yang paling penting

harus disimpan di dalam rak yang tidak kelihatan mata, sehingga tidak

Loading...

ada godaan untuk mengambil.

"Cara ini kerasa banget jika di tanggal 15 ke atas," tutur Amalia Putri yang sudah pernah mempraktikkan cara tersebut. Amalia, melalui akun Facebooknya mengatakan, ia sengaja  memakai toples yang transparan sehingga ia semangat dengan memandang lembaran-lembaran uangnya saat menabung.

"Saya juga kasih angka biar gak ada yang kelewat menabungnya atau double," ujar Amalia. Namun ada tantangan yang harus dihadapi untuk menabung dengan metode tanggalan ini. Yaitu ketika di tanggal 15 ke atas setiap bulan, karena di tanggal itu persediaan lembaran uang sering sudah mulai sangat menipis.

"Tapi di sinilah kita justru bisa menguji kemampuan kita. Apakah bisa lulus dengan predikat memuaskan atau menyerah dengan membongkar semua isi tabungan yg ada. Yuukk dicoba," pungkas Amalia.

Kini postingan Amalia tentang menabung dengan cara tanggalan ini, sudah dibagikan hingga 18.203 kali oleh netizen.