Brilio.net - Saat kamu kecil, pasti familiar dengan permainan batu-gunting-kertas. Ritual ini biasanya dilakukan untuk membagi tim sebelum permainan dimulai, sebagai contoh bermain petak umpet. Orang yang kalah dalam batu-gunting-kertas biasanya yang jaga. Beruntung jika kamu menang, jadi tidak perlu menjadi penjaga saat petak umpet.

Permainan batu-gunting-kertas memang sangat susah ditebak siapa yang menang atau kalah. Kita selalu percaya bahwa keberuntunganlah yang menentukan nasib dari permainan ini. Mungkin dulu kamu frustasi karena kalah terus. Tetapi benarkah permainan hanya permainan keberuntungan semata?

Kajian ilmiah untuk menguak strategi bagaimana memenangkan dalam batu-gunting-kertas sudah dilakukan oleh peneliti asal China, dikutip brilio.net dari lifehack.org, Senin (4/5). Peneliti tersebut melibatkan 360 orang dalam risetnya. Dia mencatat berapa kali seseorang kalah atau menang dalam permainan ini dengan sangat teliti.

Memang tidak mudah untuk meneliti hal ini. Penyebabnya adalah permainan ini ditentukan oleh kemampuan pengambilan keputusan. Keterampilan yang satu ini memang sangat kompleks. Selain itu, permainan ini seperti game yang random.

Meskipun begitu sang peneliti mampu mengungkap strategi untuk memenangkan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang yang menang dalam permainan ini selalu mempertahankan pilihannya saat permainan berlangsung.

Loading...

Ketika dia memilih 'batu' maka dia mempertahankan pilihan tersebut. Berbeda dengan orang yang kalah dalam permainan ini. Kelompok ini cenderung gonta-ganti secara melingkar saat bermain. Contohnya adalah ketika kalah menunjukkan 'kertas', mereka akan mengganti dengan 'gunting' dalam tahap berikutnya. Jika masih kalah mereka akan menggantinya dengan 'batu'. Begitu terus.

Ayo ajak teman sebelahmu untuk mempratikkan tips ini! Semoga berhasil ya.