Brilio.net - Buat kamu yang sering gagal dapat nilai A pasti pernah kepikiran buat minta diajarin temen yang pinter atau datengin tentor, yang pastinya nggak sedikit menguras uang sakumu. Cara itu nggak salah, tapi juga bisa nggak efektif buat sebagian orang, karena bukan tipenya. Sebab tiap orang tidak memiliki cara yang sama untuk menyerap suatu materi. Begitu juga kamu.

Biar kamu nggak salah cara, yuk cari tau cara belajar yang tepat biar kamu bisa terus dapet A. Nah, kamu bisa juga bisa pakai referensi dari zodiakmu, seperti yang dikutip brilio.net dari psychicsuniverse.com. Yuk intip!

1. Aries
Matikan handphone dan belajarlah di tempat yang tenang. Cara itu akan membuatmu tak terganggu SMS atau notif medsos dari temanmu. Dengan fokus, kamu akan jadi lebih mengerti bahan yang sedang kamu pelajari.

2. Taurus
Atur tempat belajarmu senyaman mungkin. Selain itu, coba deh kamu belajar di waktu yang sama setiap harinya. Kalau sudah terbiasa, pasti belajar kamu menjadi lebih efektif.

3. Gemini
Cari teman yang setipe sama kita buat bikin kelompok kecil. Di kelompok itu, kamu dan temanmu bisa saling menjelaskan materi yang sudah dipelajari. Kalau lagi nggak ada teman belajar, kamu bisa menyetel lagu-lagu favoritmu. Mendengarkan lagu bisa membantumu bertahan belajar lebih lama.

4. Cancer
Kalau moodmu lagi bagus, jangan menunda-nunda belajar. Pelajari satu per satu materimu sampai tuntas. Jangan setengah-setengah. Kalau moodmu turun, istirahatlah sejenak sambil mendengarkan lagu favoritmu.

5. Leo
Gunakan kemampuan senimu saat belajar. Menghafal rumus melalui coretan gambar, atau menghapal sesuatu dengan menyanyikannya dapat mengatur emosimu. Kamu akan menjadi lebih rileks dan ambisius, yang justru membuatmu lebih cepat paham.

6. Virgo
Buatlah rangkuman yang bisa mempersingkat waktu belajarmu. Rangkuman yang kamu tulis dengan tulisan dan bahasamu sendiri akan lebih mudah dipelajari, sehingga bisa menghilangkan rasa cemasmu yang terkadang berlebih menjelang ujian.

7. Libra
Tidak hanya membaca, kamu akan mudah menyerap materi dengan menuliskan kembali materi yang sudah diajarkan sebelumnya. Hias catatanmu dengan spidol atau stabilo. Catatan yang indah dapat membuatmu lebih bersemangat.

8. Scorpio
Kamu yang gengsi bertanya ke guru ataupun temanmu, bisa menggunakan internet untuk mencari tahu hal yang belum kamu mengerti. Kamu juga bisa menggunakan banyak referensi dari buku-buku yang ada di perpustakaan. Di saat kamu jenuh, kamu bisa menggunakan jiwa senimu untuk membuat materi yang membosankan menjadi menyenangkan.

9. Sagitarius
Cobalah rileks sejenak sebelum belajar. Kamu bisa berjalan-jalan atau naik sepeda sekitar kompleks terlebih dulu biar kamu lebih fokus dan nggak cepat bosan pas lagi belajar. Kamu juga bisa ajak teman-teman buat belajar bareng, biar kamu lebih termotivasi.

10. Capricorn
Coba deh, nyalakan TV atau setel musik pas belajar. Kamu yang mudah fokus, tidak akan mudah terganggu dengan suara-suara itu. Di saat kamu lelah, suara TV dan musik itu akan membuatmu rileks dan bersemangat lagi.

11. Aquarius
Biar nggak mengganggu proses belajar, coba hubungkan kesukaanmu dengan pelajaran. Kalau kamu suka menggambar, bikin rangkuman materi dalam bentuk gambar. Kalau suka musik kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik. Cara itu bisa bikin kamu lebih mudah mengerti materi yang kamu pelajari.

12. Pisces
Kamu sebenarnya lebih paham kalau belajar sendiri tanpa adanya keramaian. Kamar privat kamu butuhkan untuk prosesmu berimajinasi, memberi gambaran tersendiri untuk materi yang kamu pelajari. Materi-materi akan mudah dan cepat kamu serap dengan cara seperti itu.