Brilio.net - Pernah nggak mendengar tudingan yang mengkambinghitamkan cabai dan jambu biji jadi penyebab usus buntu? Nah, pada dasarnya benar nggak sih anggapan itu?

Penyakit usus buntu atau yang dikenal juga dengan istilah Appendicitis merupakan keadaan di mana usus buntu membengkak, meradang, dan penuh dengan nanah. Dilansir dari medicalnewstoday, usus buntu dapat disebabkan karena adanya infeksi perut yang akhirnya menyebabkan peradangan di saluran usus buntu dan adanya obstruksi, yaitu terjebaknya sisa makanan di dalam usus buntu yang pada akhirnya menyebabkan bakteri berkembang dan menginfeksi usus buntu.

Meski sudah jelas penyebab usus buntu, ada juga beberapa kasus radang usus buntu yang disebabkan oleh biji atau zat-zat tercerna lain yang "nyasar" masuk ke dalam usus buntu. Walaupun begitu, dikutip brilio.net dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, Jumat (22/5), kasus-kasus tersebut sangatlah langka, hanya satu dari 2.000 kasus.

Tubuh memiliki mekanisme sempurna dalam membuang senyawa tak tercerna dalam tubuh sehingga radang usus buntu akibat benda-benda tersebut sangatlah jarang. Meskipun begitu bukan berarti nggak mungkin terjadi. Jadi, tetap perhatikan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari ya.