Brilio.net - Nggak bisa bohong deh, teknologi yang semakin canggih dari masa ke masa memang membawa banyak keuntungan tapi sekaligus juga keburukan jika nggak bisa digunakan dengan baik. Salah satunya penggunaan media sosial yang semakin marak belakangan.

Memang sih, kamu bisa berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Tapi nggak bisa dipungkiri juga kalau jejaring sosial juga kerap kali bikin satu orang dengan orang yang lain malah jadi berantem. Tul nggak?

Yang paling baru aja deh, kasus Nicky Minaj dan Taylor Swift yang beberapa waktu yang lalu terlibat perang di jejaring sosial Twitter karena masalah nominasi Video of The year di MTV Video Music Awards 2015. Yah, walaupun berakhir damai, tapi jelas perang media sosial seperti ini menimbulkan beberapa dampak buruk di dunia maya.

Nah, biar kejadian kayak gini nggak terulang kembali, ada baiknya kamu mengaplikasikan tujuh sikap baik ini, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (31/7). Hal ini bisa kamu terapkan di dalam pergaulan dengan teman-temanmu nggak cuma di dunia maya, tapi juga di kehidupan sebenarnya.

1. Jangan suka nyinyir

Loading...

Nggak ada asap kalau nggak ada api, ya kan? Untuk itu sebaiknya kamu jangan coba-coba deh bikin status yang mungkin bisa bikin seseorang merasa tersindir. Apalagi kalau kamu berstatus saat dalam keadaan marah, duh, kelar deh ceritanya kayak gini.

2. Tahan komentar

Di zaman yang serba sosial media, terkadang kita sering berpikir menggunakan satu sudut pandang, yaitu dari diri kita sendiri. Ketika ada status no mention yang dibuat teman, kita jadi mikir kalau status tersebut ditujukan untuk kita. Kalau sudah gini, jangan terpancing untuk berkomentar ya? Tahan emosi dan menenangkan hati terlebih dulu ketika melihat postingan nggak enak tersebut. Belum tentu hal tersebut ditujukan buat kita, ya kan?

3. Kroscek lagi deh!

Nah, kalau sudah tenang, coba deh untuk kroscek duduk persoalannya. Jangan langsung mengambil kesimpulan berdasarkan sudut pandang sendiri juga ya? Tapi ingat, jangan bertanya dengan mengintimidasi ya? Salah-salah bukan masalah kelar, eh malah nambah persoalan baru lagi deh!

4. Kalau yakin benar, nggak masalah kok untuk memperjuangkan pendapatmu

Terkadang, hal baik nggak selalu bisa diterima dengan baik pula. Kalau kamu yakin apa yang kamu suarakan adalah hal kebenaran, jangan pernah takut untuk berbicara. Asal sekali lagi yang mesti diingat, gunakan kalimat yang sopan ya?

5. Jangan suka jadi provokator

Ingat, akan ada beberapa orang yang suka bermain di air keruh dengan 'menggosok' persoalan tersebut yang membuatnya menjadi lebih runyam. Kudu banget nih buat dihindari. Selain cuma bikin persoalan nggak selesai-selesai, bisa jadi hubunganmu dengan orang lain jadi nggak enak, dan putus silaturahmi. Mau kayak gini?

6. Berani mengaku kesalahan dan meminta maaf

Satu hal yang patut di beri sepuluh jempol adalah keberanian Taylor untuk meminta maaf sama Nicky Minaj. Berbesar hati itu perlu banget lho! Nggak cuma buat orang lain, tapi juga untuk dirimu sendiri. Kalau masih menyimpan dendam, percaya deh, kamu juga nggak bakal tenang kalau mau ngapa-ngapain. Serius!

7. Belajar dari kesalahan

Ini poin paling penting nih. Kalau buat salah, minta maaf, tapi terus berbuat hal yang sama berulang-ulang lagi, ya sama aja bohong dong? Ada baiknya belajar dari kesalahan supaya nggak terulang lagi kejadian yang sama. Mending mah, damai aja lah. Lebih seru, ya kan?