Brilio.net - Terkadang rasanya ribet sendiri ya, kalau apa-apa harus sesuai aturan? Tapi guys, aturan juga bagus untuk kebaikan kamu, lho. Misalnya saja makan. Iya, makan juga punya adab atau tata tertib supaya tubuh kamu selalu sehat.

Dikutip brilio.net dari buku Food Combining di Bulan Ramadan milik Erikar Lebang, Senin (6/7), berikut aturan makan yang ideal buat kamu.

1. Menyediakan waktu khusus

Ya, makan juga harus punya waktu. Waktu inilah yang benar-benar kamu gunakan untuk makan, bukan untuk disertai kegiatan lain. Dengan begitu kamu bisa fokus pada menu makananmu.

Terlebih kala bulan Ramadan begini, kamu harus bisa menikmati waktu berbuka dan bersahur. Pasalnya, kalau kamu makan pada waktu yang tidak sesuai, bisa jadi kamu makan terburu-buru dan makan yang 'asal ada', padahal itu tidak baik untuk kesehatanmu.

Loading...

2. Makan sambil duduk

Jangan pernah makan dalam keadaan berdiri, berjalan, atau menyetir kendaraan. Saat kamu makan, pastikan semua organ pencernaan dalam keadaan siap. Jadi, duduklah dengan tenang saat hendak makan. Dengan begitu, organ pencernaan kamu bisa bekerja maksimal.

3. Mengunyah makanan sebanyak 30-70 kali

Gigi adalah pelumat, pemotong, dan perobek satu-satunya, dalam arti kata sesungguhnya pada rangkaian sistem pencernaan. Mengunyah dengan baik tidak hanya menghancurkan bahan makanan agar mudah diproses sistem pencernaan, namun juga memberikan kesempatan pada enzim pencernaan yang ada di air liur untuk tercampur dengan makanan secara baik.

Satu lagi, sekalipun itu bubur, kamu tetap harus mengunyahnya untuk memastikan lumatannya tercampur air liur.

4. Dilarang menggunakan air untuk mendorong makanan

Cara makan yang tidak benar, identik dengan mendorong hasil kunyahan yang tidak sempurna dan sulit ditelan dengan menggunakan air minum.

Akibatnya, lambung dipenuhi air (ditandai dengan suara air berkecipak dalam perut saat kita bergerak) dan asam lambung sulit bekerja. Hal ini diperburuk kalau kita mendorong makanan dengan menggunakan jus buah, teh, kopi, dan susu.

5. Dilarang terburu-buru meninggalkan tempat makan

Perlu kamu tahu, guys, bahwa terburu-buru berdiri dan beraktivitas setelah makan, justru bikin kinerja sistem pencernaan kamu terganggu. Siklus yang seharusnya teratur justru rusak dan makanan tidak bisa diproses secara sempurna.

Ada baiknya setelah makan, kamu menunggu sesaat sambil bercengkerama bersama teman. Menurut Erikar Lebang, kegiatan ini akan memberikan efek fisik dan psikis yang positif. Tentu saja, kalau kamu mengobrol dengan teman setelah makan, bisa jadi mengakrabkan satu sama lain, kan?

Nah, cermati kembali tata tertib makan kamu selama ini, ya. Kesehatanmu, lho.