Brilio.net - Apa yang dilakukan orang-orang sebelum makan? Selain berdoa, kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk melakukan ritual memotret makanan yang ada di hadapannya. Kamu salah satunya?

Fotografi makanan atau istilah kecenya food photography emang lagi digandrungi banyak orang terutama anak muda kekinian yang hobi banget jajan. Entah itu makanannya emang dimasak sendiri atau beli di restoran bahkan warung di pinggir jalan pokoknya siap diabadikan.

Tapi ternyata motret makanan itu nggak asal jepret aja lho, meski kamu punya kamera canggih nan mahal sekalipun. Kamu tetap perlu punya tips jitu biar makanan yang kamu foto sukses membuat orang yang melihatnya jadi tergiur dan seolah-olah ikut merasakan kelezatannya. Jadi nih, nggak terkesan cuma buat pamer aja.

Bagi para food blogger yang emang fokus sama bidang kuliner, foto menjadi bagian terpenting dalam setiap tulisannya. Mereka punya tips fotografi sendiri untuk membuat makanan terlihat lebih menggiurkan. Agung Portal, sosok di balik akun kuliner @MakandiJOGJA bakal kasih tips yang perlu kamu perhatikan untuk memotret makanan supaya terlihat lebih lezat dan menggiurkan. Cekidot!

1. Berdoa dulu sebelum motret :)

Ini nih, kebiasaan yang disadari atau nggak makin sering dilupakan. Banyak orang yang jarang menyantap makanan hangat karena kelamaan foto dan demi Instagram likes.

Ketika makanan yang dipesan sudah terhidang cantik di hadapan mata, seringkali kita jadi terpesona dan lebih memilih untuk motret ketimbang berdoa. Ya nggak?

Jadi, semenggiurkan apa pun makanan itu, jangan lupa berdoa dulu ya. Selain sebagai bentuk rasa syukur juga biar fotonya bagus, tanpa halangan, dan syukur-syukur yang nge-like banyak.

2. Gunakanlah cahaya alami

Suka motret makanan? Ini nih tips yang perlu kamu perhatikan!

Lighting atau pencahayaan merupakan salah satu elemen penting dalam fotografi. Kalau kamu ingin memotret makanan saat siang hari, kamu bisa mendekatkan makanan pada datangnya sumber cahaya seperti jendela restoran. Tapi jangan foto di bawah sinar matahari langsung. Kalau kamu memotret makanan di malam hari, sebaiknya cari pencahayaan yang terang. Kamu bisa mendekatkannya pada lilin atau lampu yang ada.

Oya, usahakan jangan menggunakan flash atau blitz. Sinar flash dari kamera handphone itu kurang bagus dan dapat merusak foto. Jika memang foto tematik dan harus indoor, tentunya kamu harus mengetahui tata atur dan setting lampu flash biar makanan nggak jadi terlihat aneh.

3. Fokus dan tetap tenang

Jangan sekali–kali motret dengan kondisi kamera gerak–gerak karena fotonya bisa blur. Atur pernafasan kamu supaya kamera tetap pada posisi yang stabil.

4. Pilih angle yang sesuai

Suka motret makanan? Ini nih tips yang perlu kamu perhatikan!

Angle foto juga bisa membuat makanan kamu terlihat lebih menarik. Biasanya orang–orang suka mengambil foto makanan dari posisi bird eye view atau memotret tegak lurus dari atas makanan tersebut. Ada juga yang suka memilih angle eye level atau angle mendatar setara pandangan mata. 

Suka motret makanan? Ini nih tips yang perlu kamu perhatikan!

Selain dari posisi tadi, kamu bisa juga mengambil gambar dengan posisi 45 derajat dari makanan. Angle 45 derajat ini adalah angle yang paling banyak dipakai dan paling aman. Kamu hanya perlu menata sedikit makanan dan meja tempat menaruh makanan.

5. Buat komposisi yang menarik

Suka motret makanan? Ini nih tips yang perlu kamu perhatikan!

Komposisi yang keren dan menarik itu kaya apa sih? Biasanya angka ganjil lebih enak dilihat dibandingkan angka genap. Gambar tiga buah chery yang berjejer akan lebih menarik dibandingkan gambar empat buah chery yang berjejer, dan seterusnya.

6. Perhatikan kontras warna antara objek dan backgroundnya

Suka motret makanan? Ini nih tips yang perlu kamu perhatikan!

Penggunaan piring dan perangkat lainnya memang harus diperhatikan dalam food photography. Jika makanan yang kamu foto berwarna cerah dan piring tempat makanannya berwarna putih, sebaiknya kita mencari benda lain dengan warna kontras berbeda untuk dimasukan ke dalam frame agar dapat menyeimbangkan tone pada gambar makanan itu nantinya. 


Hindari juga pirig bermotif supaya fokus perhatian orang hanya tertuju pada makanan. Kalau dirasa perlu, kamu juga dapat menggunakan elemen pendukung seperti serbet dengan motif menarik serta background yang bagus.

7. Catch the moment

Suka motret makanan? Ini nih tips yang perlu kamu perhatikan!

Ajak teman, pacar atau saudara, suami/istri atau barista/pelayan restonya. Atau bahkan foodstylist. Memotret makanan yang lagi trend saat ini juga melibatkan aktivitas di dalamnya. Meski orang yang kamu ajak cuma kebagian memegang sendok/garpu, aktivitas mengiris roti, dan lain sebagainya.

8. Kuasai 'senjata' yang dipunyai

Suka motret makanan? Ini nih tips yang perlu kamu perhatikan!

Senjata di sini maksudnya adalah kamera, HP, wardrobe atau benda-benda lain yang bakal jadi "pemanis" foto kamu. Persiapkan secara matang dan jangan lupa untuk menghias makanan sebagus mungkin dan tonjolkan karakteristiknya dengan didukung oleh "senjata" yang kamu punya. Apalah arti kamu punya HP atau kamera bagus tapi nggak bisa maksimalkan pemakaiannya.

Selamat mencoba dan segeralah menyantap makanan selagi hangat! Jangan kelamaan dianggurin makanannya, nggak enak kan rasanya dianggurin? Nantinya malah anyep.