Brilio.net - Setiap orang pernah merasa terpuruk dan sendiri. Ada beberapa di antara kita yang justru mengatasinya dengan cara makan makanan favorit. Kamu pernah?

Kalau iya, inilah alasan mengapa kamu merasa nyaman memakan makanan tertentu, misalnya coklat, es krim kacang hijau, atau bahkan nasi hangat bersambal pete, saat merasa sedih.

Seperti dikutip brilio.net dari elitedaily.com, Senin (13/4), ternyata keterikatan emosi terhadap makanan itu bukan karena makanan itu sendiri, melainkan kenangan yang berhubungan dengan makanan tersebut.

"Jika ibumu membuatkanmu makanan ketika kecil, makanan itu berkaitan dengan perhatian yang diberikan ibumu pada saat itu. Jika perhatian itu positif, maka kamu akan mengasosiasikan dengan perasaan positif juga. Jadi, hal ini lebih dari sekadar makanan itu sendiri," papar Shira Gabriel, profesor dari University of Buffalo.

Gabriel telah melakukan studi dengan memantau kebiasaan makan 100 peserta selama dua minggu melalui buku harian makanan secara rinci. Dari sini, ada peserta yang melaporkan hubungannya yang erat dengan orangtua cenderung membuatnya mencari dan menikmati kenyamanan dari makanan tertentu, dibandingkan mereka yang tidak terlalu dekat dengan orangtuanya.

Loading...

Dari penelitian itu, Gabriel juga menemukan bahwa orang akan mengonsumsi makanan yang memiliki ikatan kuat dengan kenangannya saat mereka merasa sedih atau kesepian.

Dapat disimpulkan bahwa hubungan kita dengan makanan tertentu merupakan perpanjangan dari perasaan kita terhadap orang yang kita asosiasikan dengan makanan tersebut.

Well, guys, apa makanan favorit yang bikin kamu nyaman dan ingat sang mantan terindah? Eaaa ....